ANALISIS PENGARUH VOLUME TABUNG TERHADAP EFISIENSI POMPA HYDRAM PADA KOLAM BUDAYA IKAN

Ali Rosyidin, Yafid Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengenalkan Perkembangan teknologi dalam pemanfaatan air sebagai sumber energi saat ini untuk mengurangi biaya tambahan dan penggunaan energi listrik.. Salah satu teknologi yang memanfaatkan air sebagai sumber energi yaitu Hydram. Hydram merupakan jenis pompa yang tidak memerlukan tenaga dari listrik atau tidak menggunakan energi listrik maupun dari motor bakar. Sehingga tidak menjadi beban bagi masyarakat untuk membayar listrik.Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diameter pipa terhadap volume tabung dan mengetahui efisiensi Hydram pada kolam budidaya ikan. observasi dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap komponen utama mesin itu sendiri maupun terhadap lingkungan yang berkaitan dengan penggunaan mesin ini nantinya.Untuk menghitung penggunan diameter pipa untuk tabung udara semakin tinggi dan semakin besar diemeter pipa hasil yang diperoleh adalah tingkat efsiensi terbesar pada ukuran diameter pipa 4 inch efisiensi 52,5 %, dan yang terendah 3 inch efisiensi 15 %.Penggunaan tabung udara memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap efisiensi pompa. Efisiensi tertinggi diperoleh pada volume tabung 0,00390 m dengan nilai efisiensi 52,5 % dan efisiensi terendah diperoleh pada volume tabung 0,00090 m dengan nilai 15  %.


Keywords


Analisis Pompa Ram Hidrolik, Ukuran Pipa, Debit Air; Pembuangan Limbah

Full Text:

PDF

References


Budiyanto. 2009. Pengaruh Tinggi dan Diameter inlet terhadap Kapasitas Pompa Hidram dengan Modal Simulasi Program Delphi. Malang: Jurnal Flywheel. Vol. 2,No.2.

Darma Surya, 2013. Rancang Bangun Pompa Hidraulik Ram (Hydram). Universitas Sumatera Utara. Medan.

Ginting andrea Sebastian, 2014. Analisa Pengaruh Variasi Volume Tabung Udara Dan Variasi Beban Katup Limbah Terhadap Performa Pompa Hydram. Departemen Tehnik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara.

Nadya Yusri, Hasan Thalib.M, Subhan,Swary Wahyu Mahades, 2014. Pengujian Karakteristik Pompa Hydraulic Ram (Hydram) Menggunakan Tabung Udara 0,00455 M^3. Program Studi Teknik Industri, Universitas Samudra. Meurandeh – Langsa, Aceh.

Rahmat Dzikri, dkk. (2013). Pengaruh Variasi Tinggi Katup Limbah dan Jarak Antara Katup Terhadap Efisiensi Pompa Hidram. Jurnal, Program Studi Pengajaran Fisika, Institut Teknologi Bandung.

Suroso,Priyanto Dwi & Krisandi Yordan, 2012. Pembuatan Dan Karakteristik Pompa Hydraulic Pada Ketinggian Sumber 1,6 Meter, STTN – Batan & PT – Batan Yogyakarta.

San Gan Shu, Santoso Gunawan, 2003. Studi Karakteristik Volume Tabung Udara Dan Beban Katub Limbah.

Silla Charles, 2014. Pengaruh Diameter Tabung Udara Dan Jarak Lubang Pipa Tekan Dengan Katup Penghantar Terhadap Efisiensi Pompa Hydram. Jurusan Tehnik Mesin, Fakultas Sains Dan Tehnik Universitas Nusa Cendana.Terhadap Efisiensi Pompa Hydraulic Ram. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknologi Industri, Universitas Kristen Petra.

Subroto, Shodikin, 2015. Pengaruh Volume Tabung Tekan Terhadap Unjuk Kerja Pompa

Hidram, Teknik Mesin Universitas Muhammadiah Surakarta Jl. A. Yani Tramol Pos 1 Pabean, Kartasura.

Widarto, L. dan Sudarto, FX. (1997). Teknologi Tepat Guna Membuat Pompa Hidram. Kanisius: Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5708

Article Metrics

Abstract - 460 PDF - 299

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5708.g2943

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ali Rosyidin, Yafid Effendi

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License