ANALISIS PENGARUH TEMPERATUR TERHADAP LUBKRIKASI PADA MOULD DAN KUALITAS WHEEL PADA PROSES DIE CASTING
Abstract
Pesawat terbang merupakan transportasi yang sangat diminati oleh masyarakat, karena kenyamanan dan waktu penerbangan yang sangat singkat. Pada saat ini penguasaan teknologi rancang bangun di bidang kedirgantaraan sangatlah pesat contohnya saja bermunculan berbagai jenis pesawat terbang seperti Boeing series, Airbus Series, Bombardir Series, ATR Series, bahkan dalam negeri juga mempunyai pesawat tersendiri buatan PT Dirgantara Indonesia seperti CN (235,295,2235-200), NC212, Helikopter H21 Super Puma, N219, dan lain-lain. Aliran udara melewati fan blade pada pesawat terbang jenis BOEING 737-800NG dengan mesin CFM56-7B yang dianalisa menggunakan software CFD. Pada penelitian ini memfokuskan pengaruh ketinggian terhadap kecepatan, gaya dorong, dan gaya hambat pada aliran udara melewati fan blade dengan menggunakan software CFD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, pengumpulan data langsung pada objek yang di analisis pada software CFD. Berdasarkan simulasi pada CFD dapat disimpulkan bahwa Velocity x dan pressure setelah melewati fan blade pada ketinggian 10.000 feet, masing-masing menghasilkan m/s dan 64801.10 pa. Sedangkan berdasarkan ketinggian 20.000 feet, masing-masing menghasilkan dan 30619,11 Pa. Pola aliran udara yang dibelakang fan blade menghasilkan pola aliran udara laminar dan gaya dorong (thrust) dan gaya tahanan (drag) yang di hasilkan pada ketinggian 10.000 feet berturut-turut adalah 115120,442 N dan 12244,13N, dan pada ketinggian 20.000 feet adalah 134418,55 N dan 15965,3.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amrullah.Irvan.2013.Atomisasi gas argon. Bandung:Politeknik Negeri Bandung
Edward J. Winarcik.2003. High Integrity Die Casting Proceses, New York USA: Jhon Wiley & Son
Maulana.Firman.2016. Standar mold design. Indonesia:Yamaha motor
Ueda.Mr.2010.Quality die casting. Japan:Yamaha motor
http://Docplayer.info/amp/35046082-analisa-simulasi-high-pressure-die-casting-hpdc-aluminium-alloy-dengan-dua-varian-cooling-menggunakan-software-magma.html/
http://hapli.wordpress.com/non_ferro/aluminium-alloy/
www.jiedamould.com/id/workshop/die-casting-workshop/
www.pengaruh-lubrikasi-terhadap-cetakan-die-casting
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5718
Article Metrics
Abstract - 445 PDF - 425DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5718.g2949
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ahmad Iskandar, Amir Amir
Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)
Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License