ANALISIS PENGARUH PERFORMA TERHADAP VORTEX CYCLONE PADA SEPEDA MOTOR

Amir Amir, Efrizal Efrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa yang dihasilkan jika motor 110 cc menggunakan vortex cyclone. Untuk mengetahui perbandingan bahan bakar pada motor 110 performance untuk mengetahui daya dan torsi pada motor Honda matic 110 cc. Bahan yang digunakan vortex cyclone. Alat yang digunakan untuk uji performa yaitu computer,  dynamometer, blower, dan exhaust. Dari hasil pengaruh performa motor 110cc menggunakan vortex cyclone yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Setelah dilakukan pengujian performa daya pada motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone di Dynotest dapat diketahui perubahan daya dan torsi pada motor 110cc. Dan dari hasil pengujian yang dilakukan oleh penulis terhadap penggunaan bahan bakar dengan menggunakan Vortex cyclone dan tidak menggunakan Vortex Cyclone, terjadi perubahan yang signifikan pada saat motor automatic fuel injection 110cc jika menggunakan Vortex cyclone terjadi keiritan penggunaan bahan bakar. cc jika menggunakan vortex cyclone. Jenis penelitian yang di lakukan adalah penelitian experiment.


Keywords


Performa; Vortex Cyclone; Motor 110cc; Daya; Torsi; Bahan Bakar

Full Text:

PDF

References


Arismunandar Wiranto (1988), “Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung penerbit ITB

Astra Honda Motor. (1995).”Modul buku panduan

PGM-FI. (Programmed Fuel Injection)”

Jakarta PT. Astra Honda Motor

Bambang Setyonno, Desmas Arifianto, Efrita Arfah Zuliari, Satria Mahdum Purbo Waseso. “Desain Dan Analisis Performasi Sistem Penggerak Purwarupa Kendaraan Hibrid Bertenaga Udara Dan Listrik ”Bed 18” Menggunakan “Scotch Yoke Mechanism” Jurnal Iptek vol.23 No. 1 Mei 2019.

Fx. Sukidjo. Performa Mesin Pada Motor Empat Langkah Berbahan Bakar Premium Dan Pertamax. Forum Tenik vol.34 No.1 , januari 2011.

Farid Majedi, Indah Puspitasari. “Optimasi Daya Dan Torsi Pada Motor 4 Tak Dengan Modifikasi Crankshaft Dan Porting Pada Cylinder Head”. Jurnal Teknologi Terpadu vol.5 No. 1 April 2017.

Heywood Jhon B (1998), Internal Combustion Engine Fundamentals”, McGraw Hill Book Company, New York

I Nyoman Sutantra Bambang Sampurno (2010),

“Teknologi Otomotif”. Penerbit Guna Widya,

Surabaya

James D. Halderman, Jim Linder (2009).

“Automotive Fuel And Emissions Control

System” (second edition) : Prentice Hall Upper

Saddle, New Jersey Columbus, Ohio

Khovakh (1976). “Motor Vehicles Engine”.

Moscow. Mr.Publiser




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5720

Article Metrics

Abstract - 524 PDF - 272

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i1.5720.g2952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amir Amir, Efrizal Efrizal

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License