PENGARUH PENAMBAHAN ADITIF OCTANE BOOSTER TERHADAP CAMPURAN PERTALITE UNTUK MENINGKATKAN UNJUK KERJA MESIN MOTOR AUTOMATIC SATU SILINDER 125 CC

Amir Amir, Riki Candra Putra

Abstract


Fungsi zat aditif untuk menyempurnakan proses kimia pembakaran, membersihkan mesin dari semua timbunan kotoran, baik itu pada intake valve, port fuel injector dan combuction chamber, mencegah korosi pada saluran dan tangki,tentunya kinerja mesin akan meningkat.  Zat aditif yang akan digunakan pada pengujian ini adalah bullsone shot motorbike.Dengan beberapa kelebihan dari Zat Aditif maka perlu dilakukannya pengujian performa terhadap kendaraan Pengujian performa campuran pertalite dengan zat aditif yang dilakukan salah satunya diharapkan dapat mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap daya dan torsi pada mesin. Daya merupakan kemampuan kendaraan untuk mencapai kecepatan tertinggi dalam waktu tertentu, sedangkan torsi merupakan gaya atau kemampuan mesin untuk menggerakan kendaraan dari posisi diam sampai berjalan. Dengan menggunakan bahan bakar pertalite dan campuran zat aditif sebesar 100 ml menghasilkan daya dan torsi yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan pertalite murni. Peningkatan pada torsi maksimum sebesar 1,02 Kg.m dan peningkatan pada daya maksimum sebesar 10,13 PS. 


Keywords


Zat aditif; Performa engine; Daya; Torsi.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar Wiranto. (1988). Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: Penerbit ITB.

Kristanto Philip. (2015). Motor Bakar Torak Teori & Aplikasinya. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Farkhan, 2015, analisis performa mesin menggunakan campuran bahan bakar premium dengan ethanol terhadap daya dan torsi pada toyota kijang innova tipe 1TR-FE, tugas akhir, jurusan D3 teknik mesin fakultas teknik, Universitas Negri Semarang.

Muharam Yuli Prasojo, 2015, Pengaruh penggunaan cdi standar dengan cdi racing menggunakan bahan bakar premium pertamax dan pertamax plus terhadap daya dan torsi motor bensin satu silinder, Skripsi, jurusan S1 teknik mesin fakultas teknik, Universitas Negri Semarang.

Mohammad Saifudin, 2013, sistem bahan bakar pada mio-j ymjet-fi, tugas akhir,

jurusan D3 teknik mesin fakultas teknik, Universitas Negri Semarang.

Sigit Iriyanto, 2008, Analisa performa sepeda motor 4 langkah satu silinder 125cc terhadap variasi campuran bahan bakar, Skripsi,jurusan S1 teknik mesin fakultas teknik, Universitas Indonesia.

Amrullah, Sungkono, Eko Prastianto, analisis pengaruh penggunaan bahan bakar premium dan pertamax terhadap prestasi mesin. Jurnal Teknik Mesin, Universitas Muslim Indonesia, Teknologi Volume 18 No. 1 April 2018.

Riki Candra Putra, Andri Suhendri. Perbandingan unjuk kerja dan konsumsi bahan bakar antara motor yang mempergunakan koil standar dan busi standar dengan motor yang mempergunakan koil racing dan busi racing menggunakan bahan bakar pertamax. Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin

Teknikmesinzone – langkah kerja motor – Kamis, 20 Agustus 2020 – http://teknikmesinzone.blogspot.com/2016/09/motor-empat-langkah.html

Yamaha motor – Motor x-ride 125cc – Minggu, 23 Agustus 2020– https://www.yamaha-motor.co.id/product/xride/

Andre Dwiky Kurniawan, Semin, 2014, Tjoek Supartijo. Analisa Penggunaan Bahan Bakar Biotehanol Dari Batang Padi Sebagai campuran Pada Bensin. Teknik Sistem Perkapalan. Institut Teknologi Sepuluh November.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5756

Article Metrics

Abstract - 600 PDF - 416

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5756.g2981

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amir Amir, Riki Candra Putra

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License