ANALISIS PENGARUH TEKANAN INJECTOR TERHADAP PERFORMA ENGINE PADA GOKART URBAN DIESEL KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) RISET DIKTI

Ali Rosyidin, Slamet Riyadi

Abstract


Prinsip injeksi bahan bakar yang baik bertujuan untuk dapat memenuhi berbagai hal yang diharapkan dari kendaraan bermesin diesel, sistem injeksi bahan bakar minyak (BBM) (termasuk pompa injeksi dan nozzle) memainkan peranan yang penting karena secara langsung mempengaruhi performa mesin dan kendaraan. (Denso, 2005), Pada motor diesel umumnya saat injeksi yang normal adalah antara 20º Crank Angle sampai dengan 16º Crank Angle Before Top Dead Centre. Jika saat injeksi dimundurkan (mendekati TDC), temperatur dan tekanan udara yang masuk menjadi lebih tinggi sehingga ignition delay lebih pendek. Penelitian ini telah dilakukan eksperimen berupa penggantian alat spi pada cam injector mesin diesel. Spi yang diganti yaitu dari spi cam injektor standar original pabrikan menjadi spi buatan (modifikasi) untuk merubah posisi sudut derajat letak cam injektor yang akan menekan pompa bahan bakar (fuel pump) dan disalurkan ke ruang bakar melalui injektor yang merupakan waktu penyalaan (ignition timing) bahan bakar pada ruang bakar motor diesel.


Keywords


Gokart; Mesin diesel MDX 186 FA; Injektor,Timing.

Full Text:

PDF

References


Deutchman, aaron D, Machine design theory and practice, New York

Gillespie, Thomas, “Fundamentas Of Vehicle Dynamics”, Publisher Commonwealth, 1982.

John A. Schey. 2000. Proses Manufaktur . Terjemahan oleh Rines, Dwiyani Asih dan Basuki Heri Winarno. 2009. Yogyakarta. Andi.

Khurmi RS. G.JK. 1980, Text Book of Machine Design Eurasia; New Delhi.Publising House, ltd Ram Nagar.

Niemann, Gustav, Machine Elements, vol.I, II, Spring Verlag, Berlin, 198.

Petrovsky, N, “Marine Internal Combustion Engine”, Mir Publisher, Moscow, 1988.

Sularso, K. S. 1991, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin; Jakarta. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.

William D. Callister Jr. John Wiley&Sons. Material Science and Engineering. 2004. An Introduction




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5760

Article Metrics

Abstract - 636 PDF - 868

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5760.g2987

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ali Rosyidin, Slamet Riyadi

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License