ANALISIS KARAKTERISTIK MATERIAL KOMPONEN PADA RANCANG BANGUN MESIN ROBOT DRAWING HYBRID LASER

Sumarno Sumarno, Slamet Riyadi

Abstract


Mesin Robot Drawing Hybrid Laser merupakan Mesin yang dikontrol oleh komputer dengan menggunakan bahasa numerik (data perintah dengan kode angka, huruf dan simbol) sesuai standar ISO. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser ini menggunakan software-software antara lain Arduino, Processing, Camotic, Laser GRBL dan Inkscape. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser sangat membantu dalam membuat penggambaran pola dan pengenalan pola. Adapun beberapa hardware-nya yaitu Arduino Uno, CNC Shield v3, DRV8825, Motor Stepper Nema 17, dan komponen mekaniknya. Dan untuk permodelannya 2 in 1 bisa digunakan keduanya dengan satu Mesin. Mesin Robot Drawing Hybrid Laser ini termasuk mesin CNC, karena dalam pengoperasiannya menggunakan kode-kode NC. Kode tersebut didapat dari gambar yang telah diterjemahkan menggunakan aplikasi Laser GRBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahan material yang digunakan untuk komponen Mesin Robot Drawing Hybrid Laser, ketika mesin beroperasi pasti ada bagian komponen yang mengalami kerusakan dan penulis memberi solusi dengan membuat komponen yang rusak tersebut dengan bahan lain. Material yang digunakan untuk poros rail berupa stainless steel, puli menggunakan bahan alumunium, serta main frame, box transmission, bracket dan plotter menggunakan bahan plastik filamen PLA (Polylactid Acid)Bahan-bahan yang digunakan untuk komponen mekanik disesuaikan dengan kebutuhan rancang bangun, komponen yang terjadi kerusakan adalah plotter dengan bahan plastik PLA karena saat terjadi gaya sebesar 20 Newton komponen tersebut akan patah. Dan bahan plotter berupa plastik PLA dan PETG tidak mempengaruhi hasil gambar atau pola yang dikerjakan.


Keywords


Gokart; Mesin diesel MDX 186 FA; Injektor,Timing.

Full Text:

PDF

References


Azmi Yuliardi. 2020. Rancang Bangun Mesin CNC Mini Plotter Dua Sisi Tinta Dan Laser Diode Berbasis Microcontroller. Skripsi, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal.

Diki Muhamad Sobirin, Jana Utama. Perancangan Sistem Multi Computer Numerical Control (CNC) Untuk Plotter Dan Laser Engraving. Jurnal Sistem Komputer, Universitas Komputer Indonesia, 2020.

Fifi Fauziah Yasmin. 2019. Analisa Kecepatan Motor Stepper Pada Mesin CNC Mini Plotter 2 Axis Laser Berbasis Microcontroller. Skripsi, Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal.

Hafiz Ramadhani, Syafri. Perancangan Dan Analisis Struktur Mekanik Prototipe Laser Cutting. Jom FTEKNIK Volume 5 No.1 April 2018.

Harist Fauzi. 2018. Rancang Bangun Sistem Kontrol Mesin Laser Engraving Dengan Microcontroller Arduino. Skripsi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Presiden Cikarang.

https://id.wikipedia.org/wiki/Mekatronika (diakses pada 28/7/20 pukul 20.00 WIB)

http://urbanlabs.co.in/products/petg-page (diakses pada 25/10/2020 pukul 10.00 WIB)

Irpandi. 2018. Rancang Bangun Konstruksi Mesin Laser Engraving. Skripsi, Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Presiden Cikarang.

Much Aries Setiawan. 2013. Pengembangan Desain Frame Chassis Micro Car (Sutera Car) Universitas Negeri Semarang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang.

Munadi, Aulia Syukri, Joga D. Setiawan, Mochammad Ariyanto. Rancang Bangun Prototipe Mesin CNC Laser Engraving Dua Sumbu Menggunakan Diode Laser. Jurnal Teknik Mesin Indonesia, 2018. Vol. 13, No. 1.

Sularso, Kiyokatsu Suga. 2017. Dasar Perencanaan Dan Pemilihan Elemen Mesin. Jakarta: Pradnya Paramita.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5766

Article Metrics

Abstract - 468 PDF - 396

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v4i2.5766.g2992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumarno Sumarno, Slamet Riyadi

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License