ANALISIS KEGAGALAN PITOT-STATIC SYSTEM PADA JENIS PESAWAT CRJ1000 MENGGUNAKAN ADTS

Hendra Harsanta, Bambang Suhardi Waluyo, Hafiz Norian Adiyat

Abstract


Sebuah pitot/static probe yang terdapat di setiap sisi depan pesawat merupakan komponen yang berfungsi menerima tekanan statis dan dinamis untuk diteruskan ke komponen Air Data Computer (ADC) yang dapat memberikan data ketinggian dan kecepatan untuk pilot pada Primary Flight Display 1 (PFD 1) dan copilot pada Primary Flight Display (PFD 2). Nilai data pada PFD 1 dan PFD 2 yang ditampilkan harus sama, jika ditemukan ada perbedaan nilai data ketinggian atau kecepatan pesawat, indikator akan menyala yang menandakan adanya ketidaksamaan nilai dan muncul”EFIS COM MON” caution message. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan alat Air Data Test Set yang berfungsi untuk menghitung nilai ketidaksamaan antara PFD 1 dan PFD 2 diikuti pengecekan nilai limitasi yang berlaku berdasarkan Aircraft Maintenance Manual. selain itu, menggunakan teori estimasi untuk mendapatkan nilai rata-rata interval penggantian pitot static probe sejak komponen pertama kali dipakai hingga dilakukan pelepasan yang disebut Time Since Now (TSN) dan sejak komponen mulai hingga selesai dioperasikan dalam satu kali penerbangan yang disebut Cycle Since Now (CSN)Hasil analisis dengan menggunakan ADTS menunjukkan adanya nilai ketinggian yang out of limit, dimana hal ini disebabkan dari faktor internal yaitu pada komponen ADC, nilai interval rata-rata penggantian pitot static probe selama 15 kali berdasarkan TSN (Time Since Now) yaitu antara 5974.74 sampai 9812.52 dan berdasarkan CSN (Cycle Since Now) yaitu antara 5216.08 sampai 8632.44.


Keywords


Pitot static system; Air Data Test Sets; Primary Flight Display;Air Data Computer

Full Text:

PDF

References


GMF AeroAsia. Aircraft General, Training Manual CRJ700, CRJ705, CRJ900, CRJ1000 (Manual No. JCT-0209) Rev.1, Feb 05, 2018.

Permatasari P. Optimasi Waktu Penggantian Komponen Air Cycle Machine (Acm) Pesawat Terbang CRJ-1000 Menggunakan Metode Geometric Process. Surabaya: ITS. 2016.

Sugiharto J. Hindardi. Aplikasi Sensor pressure Air Speed Indicator pada Pesawat Model JD-010 Berbasis Mikrokontroler ATMEGA 85335. Jakarta: Universitas Suryadarma. 2020: 69-81.

GMF AeroAsia. ATA Chapter 34 Navigation, Training Manual CRJ700, CRJ705, CRJ900, CRJ1000 (Manual No. JCT-0209) Rev.1, Feb 05, 2018.

Shannon Ackert. Engine Maintenance Concepts for Financiers. USA,2011.

Debrina Puspita Andriani. Pendugaan Parameter. Malang: Universitas Brawijaya.2017.

General Electric Company. GE Air Data Test Sets User Manual K0553 Revision C. USA, 2015

Manufacture. Functional Check of the Main Pitot-Static System (Leak Check) and of the ADC (Altitude and Airspeed Scale Error Check). Canada:MHIRJ. 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5814

Article Metrics

Abstract - 486 PDF - 747

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5814.g3015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hendra Harsanta, Bambang Suhardi Waluyo, Hafiz Norian Adiyat

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License