PENGARUH KINERJA EVAPORATOR DAN HEAD PIPE TERHADAP PENGKONDISIAN SUHU RUANG

Sumarno Sumarno, Parta Parta, Rohmat Nur Hidayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kerja dari evaporator serta head pipe saat proses pengkondisian udara pada mesin pengkondisian udara (Air Conditioner). Mesin pengkondisian udara yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah satu AC tipe Split berdaya 1⁄2 PK. Penelitian diawali dengan pengukuran kecepatan putar pada fan cooling unit atau blower indoor. Data kecepatan ini selanjutnya dipergunakan sebagai acuan untuk mengetahui besar tekanan udara yang dihasilkan melalui putaran pada blower indoor tersebut. Penelitian dilanjutkan dengan mengambil data suhu udara yang dihasilkan oleh kerja evaporator serta mengukur suhu pada pipa – pipa yang ada pada unit evaporator. Pada penelitian ini penulis telah menentukan aturan suhu yaitu 18oC, 20oC, dan 22oC sebagai acuan pengaruh kerja dari evaporator terhadap pengkondisian udara. Penelitian ditutup dengan melakukan pengamatan terhadap head pipe atau pipa kapiler dengan patokan pengkondisian udara yang telah ditentukan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja evaporator terhadap pengkondisian udara yang semakin panas maka kerja evaporator semakin berat. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pengukuran parameter yang telah dilakukan oleh penulis. Seiring meningkatnya temperatur udara maka distribusi temperatur dan pola aliran udara juga mengalami peningkatan dan terdisribusi secara merata didalam ruangan.


Keywords


Air Conditioner; Head Pipe; Evaporator; Distribusi Temperatur; Pola Aliran Udara.

Full Text:

PDF

References


Haq, Saiful. Dkk. 2020. Buku Pedoman Penulisan Praktek. Tangerang: Fakultas Teknik UMT.

Iswantono, Dwi. Dkk. Analisis Kinerja Thermal Sistem Heat Pipe Air Conditioning(HPAC) Dengan Sirip Dan Tanpa Sirip Yang Di Pasang Secara Horizontal. Jurnal Ilmiah TEKNIK DESAIN MEKANIKA Vol.8 No.1, Januari 2019 (405-409).

Lathif, Maulana. Dkk. Analisa Perubahan Fase pada Sistem Pengkondisian Udara Ruangan Type Split 1 PK. Jurnal Teknik Mesin UNISKA Vol. 03 No. 02 November 2018.

Supriyanto, Edi. Simulasi Distribusi Temperatur Ruangan Ber AC Pada Berbagai Variasi Temperatur Disekitar Evaporator. Surakarta : Teknik Mesin UMS.

Pudjanarsa, Astu. 2006. Mesin Konversi Energi. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sungadiyanto.Studi Eksperimental Performa Mesin Pengkondisian Udara (AC) MC QUAY Dengan Refrigeran R-22 Pada Laboratorium Teknik Mesin UniversitasTugas Akhir. Diploma III Teknik Mesin Universitas Negeri semarang.

Toyota Motor Sales,U.S.A., INC. Manual Overhaul Transaxle.4&5 Speed.

Widhiatmoko, Fajar, 2012, Transmisi Isuzu Panther tipe HI – GRADE (Tugas Akhir DIII), Progam Studi Teknik Mesin FT Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5853

Article Metrics

Abstract - 293 PDF - 245

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i1.5853.g3035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sumarno Sumarno, Parta Parta

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License