ANALISA TERMODINAMIKA MESIN DIESEL TYPE MDX-186 FAE PADA GOKART URBAN DIESEL KONTES MOBIL HEMAT ENERGI (KMHE) RISTEK DIKTI

Jamaludin Jamaludin, Ali Rosyidin

Abstract


Analisa perencanaan bermula dari suatu kebutuhan dan memutuskan untuk berbuat agar dapat terpenuhi kebutuhan yang diperlukan. Di Universitas Muhammadiyah Tangerang, selama ini sudah ada kendaraan khususnya karya mahasiswa seperti gokart. Gokart yang sudah ada saat ini adalah gokart dengan penggerak berbahan bakar bensin. Untuk itu, sebagai kelanjutan, nantinya juga akan digunakan untuk perlombaan agar nama institusi bisa selalu eksis di setiap perlombaan, dengan itu diadakan dan direncanakan adanya pembuatan gokart urban berbahan bakar diesel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan observasi pada kendaraan gokart urban diesel khusunya pada mesin Matsumoto-Mdx-186 FAE. Dengan melihat spesifikasi dari mesin tersebut makan perhitungan tempratur awal dan akhir saat kompresi, tekanan akhir kompresi, kerja yang dilakukan atau out put dan yang terakhir adalah efisiensi thermal. Hasil dari perhitungan ini untuk memastikan mesin diesel yang digunakan pada gokart urban sesuai dengan regulasi. Dan gokart dapat berjalan dengan kecepatan yang penuh namun dengan menggunakan bahan bakar yang sedikit. Dari hasil penelitian atau perhitungan pada gokart urban diesel yang menggunakan mesin diesel Matsumoto MDX-186 FAE. Terutama pada perhitungan tempratur awal dan tempratur akhir kompresi mesin Matsumoto MDX-186 FAE di dapatkan tempratur awal pada saat langkah hisap sebesar  atau sebesar  dan tekanan akhir kompresi didapat sebesar
. Nilai tekanan akhir kompresi didapat sebesar sebesar  atau sebesar 287,17 Psia. Maka dapat dipastikan  suhu akhir kompresi lebih besar dari suhu awal saat kompresi dengan nilai efisiensi thermal 91% dan mesin diesel Matsumoto Mdx-186 FAE dapat digunakan pada gokart urban.


Keywords


Gokart, Diesel, Mesin Diesel Matsumoto Mdx-186 FAE.

Full Text:

PDF

References


Arismunandar,W, “Motor Bakar Torak”, Cetakan Ketiga, Penerbit ITB Bandung, 1988.

Bernard Challen dan Rodica, ” Diesel Engine Reference Book”. 2nd edition, Jordan Hill, Oxford, 1999.

Deutchman, aaron D, Machine design theory and practice, New York.

Edward F. Obert, “Internal Combustion Engines”, third edition, Scranton,1968.

Khurmi RS. G.JK. 1980, Text Book of Machine Design Eurasia; New Delhi.Publising House, ltd Ram Nagar.

Meherwan P Boyce, “Gas Turbin Engineering Hanbook, second edition”.

Niemann, Gustav, Machine Elements, vol.I, II, Spring Verlag, Berlin, 198.

Petrovsky, N, “Marine Internal Combustion Engine”, Mir Publisher, Moscow, 1988.

Sularso, K. S. 1991, Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin; Jakarta. PT. Pradnya Paramita. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i2.6300

Article Metrics

Abstract - 722 PDF - 329

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v5i2.6300.g3475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jamaludin Jamaludin, Ali Rosyidin

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License