Analisis Kehandalan Engine Driven Pump pada Pesawat Boeing 737-800

Amir Amir, Sujianto Sujianto, Rajih Muhammad

Abstract


Dalam dunia penerbangan, pesawaat adalah salah satu transportasi udara terbaik yang dgunakan saat ini. Terdapat 3 sistem yang menggerakkan pesawat terbang. Salah satunya yaitu sistem hidrolik yang merupakan  sistem utama yang berperan dalam beroperasinya suatu pesawat terbang. Sistem hidrolik adalah suatu sistem dimana tekanan zat cair digunakan sebagai media untuk menggerakkan beberapa komponen pesawat untuk bermanuver di udara. Pada pesawat B737-800 memiliki tiga sistem hidrolik yaitu A , B , dan standby  yang di-supply oleh suatu komponen yang disebut engine driven pump (EDP). Komponen EDP merupakan sumber tenaga utama tekanan sistem hidrolik pada saat pesawat berada di udara. Posisi EDP terletak pada setiap engine dimana EDP pada engine 1 akan men-supply sistem A dan EDP pada engine 2 akan men-supply sistem B. Data penggantian EDP pesawat B737-800 milik PT Garuda Indonesia dari tahun 2014 hingga 2021 berjumlah 20 penggantian. Penelitian ini membahas penggantian EDP tersebut dengan menggunakan metode fishbone dan distribusi Weibull. Hasil metode fishbone menunjukkan penyebab terbesar kegagalan komponen EDP adalah leak sebanyak 8 kali kerusakan, sedangkan keandalan EDP yang ditentukan dengan metode Distribusi weibull didapatkan dengan nilai mean time to failure yaitu 3168.6414  FH.


Full Text:

PDF

References


BOEING 2020. ATA 29 Hydraulic Power. Boeing B737-600/700/800/900 (CFM56) Training Manual. 10 Agustus 2021.

BOEING. 2020. Boeing B737-600/700/800/900 (CFM56) Aircraft Maintenance Manual ATA 29 Hydraulic Power. https://etechpub.gmf-aeroasia.co.id/. 10 Agustus 2021.

PARKER. 2003. Parker Customer Support Component Maintenance Manual Part No. 66087. CMM 29-11-34. 13 Agustus 2021

Jennifer Alexandra. 2019. Fishbone Analysis. https://sis.binus.ac.id/2019/07/19/fishbone-analysis/. 11 November

Robbins, S.P. dan Mary Coulter. 2012. Management. Pearson Education, Prentice Hall.

Prabowo, H Agung., Indra Almahdy dan Tri Hamboro.2010. Sistem Pemeliharaan Mesin Pendukung Proses Produksi. (Studi Kasus Industri Manufaktur Ban). Jurnal Sinergi. 14, (2), 37 – 42.

Siagian, D.C., Napitupulu, H., dan Siregar, I. 2013. Usulan Perawatan Mesin Berdasarkan Keandalan Spare Part Sebagai Solusi Penurunan Biaya Perawatan Pada PT. Xyz. eJurnal Teknik Industri FT USU 3 (5), 47-52.

Aboura, K., and Agbinya, J. I. 2013. Adaptive maintenance optimization using initial reliability estimates. Journal of Green Engineering. 3, 325-345.

Otaya L G. 2016. Distribusi Probabilitas Weibull dan Aplikasinya

(Pada Persoalan Keandalan (Reliability) dan Analisis Rawatan (maintainability). Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 44-66

Harja Herman Budi dan Nunu Ahmad Nugraha. 2019. Usulan Pembaharuan jadwal Kegiatan Preventive Maintenance pada Mesin Curing PCR PT.XYZ Menggunakan Metoda Distribusi Weibull. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Manufaktur, 1(1), 23-35.

Garuda. 2021. Major Inspection. B737-800 Maintenance Program. 12 Juli 2020.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i1.6668

Article Metrics

Abstract - 98 PDF - 46

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i1.6668.g3449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Amir Amir, Sujianto Sujianto, Rajih Muhammad

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License