ANALISIS KELAYAKAN VISKOSITAS MINYAK PELUMAS SAE 10W-30 AHM SPX2 MATIC, API-SL JASO PADA MOTOR PCX 150 TAHUN 2018

Jamaludin Jamaludin, Sumarno Sumarno

Abstract


Viskositas adalah pengukuran dari ketahanan fluida yang diubah baik dengan tekanan maupun tegangan. kekentalan dari suatu cairan adalah salah satu sifat cairan yang menentukan besarnya perlawanan terhadap gaya geser. Cair atau tidaknya suatu cairan terjadi terutama karena adanya interaksi antara molekul-molekul kekentalan suatu pelumas berubah    seiring dengan kenaikan atau penurunan suhu pada lokasi dimana oli itu berada, pada dasarnya fluida Sebagian besar akan mengalami penurunan kekentalan seiring dengan kenaikan suhu. Setelah suhu kembali normal atau mendingin, viskositas tidak akan kembali ke tingkat semula tetapi       secara bertahap akan mengalami penurunan, sehingga viskositas akhirnya tidak lagi memuaskan. Total acid Number (TAN) adalah jumlah total atau kadar keasaman dalam minyak. Oli dengan kadar asam lebih besar dari jumlah kadar asam standar untuk pelumas maka mengakibatkan terjadinya pengkaratan pada komponen engine dan peyumbatan aliran oli karena pembentukan cat dan endapan, sehingga oli tidak lagi sesuai untuk mesin. Berdasarkan hasil anlisis tersebut didapatkan suatu hasil penelitian bahwa semakin jauh rute yang dicapai oli pelumas maka akan mengalami penurunan kadar kekentalan kinematiknya dari 0 km yaitu 151,45 cSt  turun menjadi 101,34 cSt pada 2500 km dan 85,54 cSt km pada 3000 km. semakin jauh jarak yang ditempuh maka nilai viskositas indexnya semakin kecil hal ini dikarenakan adanya temperatur yang tinggi yang mengakibatkan semakin kecil dari nilai viskositas indexnya sedangkan total base number ketika mencapai jarak 4094,44 km juga mengalami penurunan Semakin jauh jarak ditempuh maka kadar base dari minyak pelumas tersebut akan mengalami penurunan. Pada saat jarak 0  km nilai basenya 8,56 mg KOH/g, sedangkan 4,85 mg KOH/g untuk jarak 2500 km dan 3,95 mg KOH/g pada 3000 km


Keywords


Kekentalan; Viskositas Index; Temperatur

Full Text:

PDF

References


Aron Deutschment, 1985 . Machine Design Theory, Collier Macmillan International Editor, London.

Booser, E.R., 1997, Tribology Data Handbook : An Excellent Friction Lubrication and Wear Resource, Amerika

Rohmi A.S, Ladrian. 2016. Analisis Kelayakan Pakai Minyak Pelumas SAE 10W-30 Pada Sepeda Motor (4tak) Berdasarkan Viskositas Dengan Metode Viskometer Bola Jatuh. ITS Surabaya

Susetyo H, Erwin dan Mulyadi. 2017. Pengaruh Jarak Tempuh Terhadap Viskositas Oli Pada Sepeda Motor Matic Tahun 2011. Rekayasa Energi Manufaktur, Nomor 2 Volume II

Heisler, Heinz (2002). Advanced Vehicle Tecnology second edition. London: Butterworth Heineman

Khurmi, R.S., Gupta, J. K., A Text Book of Machine Design, Eurasia Publishnig House ( Pvt ) Ltd, Ra Nagar, New Delhi, 1982.

Shigley Joseph E., Larry D. Mitchell. 1991. Perencanaan Teknik Mesin. Erlangga: Jakarta.

Sofan Amri & Yayan Setiawan. 2011. Dasar-Dasar Otomotif. Jakarta : PT. Prestasi Pustakarya

Sularso. MSME. Ir, Kiyokatsu Suga. 1997. Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin. PT. Pradnya Paramita: Jakarta.

Supandi, Drs. 1990. Manajemen Perawatan Mesin Industri. Ganece exact : Bandung.

Sutantra, I Nyoman & Bambang Sampurno. 2010. Teknologi Otomotif . Surabaya : Guna Widya.

Thomas D, Gillispie, Fundamentals of Vehicle Dynamic, Society of Otomotif Engineers Inc, Warrendale, 1994




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/mbjtm.v6i2.7954

Article Metrics

Abstract - 1392 PDF - 843

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jamaludin Jamaludin, Sumarno Sumarno

Motor Bakar : Jurnal Teknik Mesin (ISSN: 2549-5038 e-ISSN: 2580-4979)

Copyright © 2017-2020 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. All rights reserved.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0) License