MOTIVASI PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) MAHASISWA PEMINATAN BIPA PRODI PBSI FKIP UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa hubungan motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran dengan menggunakan uji korelasi, determinasi dan uji signifikansi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil pemelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing pada mahasiswa semester 7 PBSI FKIP UMT. Berdasarkan hasil perhitungan ada hubungan yang kuat dan positif antara motivasi belajar terhadap hasil pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing mahasiswa semester 7 yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,50 (dengan koefisien determinasi sebesar 25% dan sisanya 75% dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya.) kemudian dari uji signifikasi t hitung didapatkan hasil sebesar 0,62, dimana hasil ini masih lebih besar dari ttabel sebesar 0,31 yang artinya terdapat pengaruh korelasi yang signifikan antara motivasi belajar (variabel X) dengan hasil pembelajaran (variabel Y).
Kata Kunci : Pemelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing.
Full Text:
PDFReferences
Ampa, A.T. Basri D. M.Andini.AA. The Development Learning Materials for The English Speaking Skills. International Journal of Education Research. Vol.1 No.9 September 2013. hlm.1-10.
Arikunto (2006). Metodelogi penelitian. Yogyakarta: Bina Aksara.
Arumdyahsari,Sheilla, Widodo Hs, Gatu Susanto. Pascasarjana UNM. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing. (BIPA) Tingkat Madya. Jurnal Pendidikan: Teori Penelitian, dan Pengembangan. Vol.1(5). Mei 2016. hlm.828-834
Budianingsih. Tri. Model Materi Ajar Berbicara Bahasa Mandarin Berbasis Pendekatan Kuantum. Peneltian Pengembangan Pada Jurusan Sastra Cina Fakultas Sastra Universitas Al Azhar Indonesia. Disertasi. 2017
Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto, (2010). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyanti. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ellis. Road. Task- Based Language Teaching : Sorting Out The Misunderstandings. International Journal of Applied Linguistic. Vol. 19. No.3. 2009. hlm.221246.
Keke T. Aritonang. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.
Kusmiatun. ARI. Need Assesment of Learning Bahanals of Indonesian For Acdemic Purpose for Speaker of Other Language. Dalam ResearchER World, Malegaon. Vol.8. Iss.3. (Juli 2013). hlm 151-159.
-------------------Identifying Feature of Indonesian for Speaking of Other Language (BIPA) Learning for Academic Purpose. International Journal of Social Science and Education Studies (Vol.3. No.4 ). Juni 2017.hlm.127-136.
Mukti. Wijang Iswara.Andayani. Nugrahaeni. Pengajaran BIPA dan Tes UKBI dalam Upaya Menjaga Eksistensi Bahasa Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Terpublikasikan pada The 1st Education and Language International Confrence Proceeding Center for International Language Development of Unisssula hlm. 911-916.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Tindakan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nicholson, Simon James. An Analysis of the Task-Based Syllabuss. Makalah dimuat dalam International Journal of English Language Education (ISSN 2325-0887). 2014.Vol.2. No.1 hlm. 259-272.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudijono Anas (2000). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta, Raja Grafindo Persada.
Suyitno. Imam. Norma Pedagogis dan Analisis Kebutuhan Belajar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA). Jurnal Diksi. Jurnal Ilmiah Bahas, Sastra, dan Pengajarannya, Vol.15(1). Januari 2008, hlm. 111-119.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Uno B. Hamzah. (2006). Teori Motivasi & Pengukurannya: Analisis dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Warsita, Bambang, (2008). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin Martinis (2011). Paradigma Baru Proses Pembelajaran, Jakarta, Gaung Persada Pers
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2102
Article Metrics
Abstract - 734 PDF - 744DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2102.g1283
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .