PERBANDINGAN SIKAP, NORMA SUBJEKTIF DAN PERSEPSI KENDALI PERILAKU PADA PRODUK KOSMETIK BERLABEL HALAL DAN TIDAK BERLABEL HALAL (Studi pada Konsumen Kosmetik di Wilayah Tangerang)

Agus Yulistiyono, Abdul Karim

Abstract


Produk kosmetik saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga keadaan ini menimbulkan persaingan yang sangat ketat. Hal inilah yang menjadikan atmosfer persaingan pada industri kosmetik berlabel halal dan tidak berlabel halal menjadi semakin kuat. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbandingan sikap, norma subjektif dan persepsi kendali perilaku konsumen antara kosmetik berlabel halal dan kosmetik tidak berlabel halal. Populasi penelitian adalah konsumen kosmetik berlabel halal dan kosmetik tidak berlabel halal di Wilayah Tangerang. 50 konsumen kosmetik berlabel halal dan 50 konsumen kosmetik tidak berlabel halal disurvei sebagai sampel. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat inferensi. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji One Way ANOVA dan uji Independent Sample T-test yaitu uji statistik yang bertujuan untuk membandingkan rata-rata dua sampel yang berbeda.

Kata Kunci : Perbandingan Sikap, Norma Subjektif dan Persepsi Kendali Perilaku


Full Text:

PDF

References


Icek Ajzen., Attitude, Personality, and Behavior. 2nd Edition. Berkshire, UK Open University Press-McGraw Hill Education, 2005. Icek Ajzen., The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. 50: 179–211, 1991. Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo., Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi Dan Manajemen, Edisi Pertama. BPFE,Yogyakarta, 2011. Irfan Afif., Inilah Daftar Kosmetik Halal Terbaru LPPOM MUI Sertifikasi 2015. http://www.halhalal.com/inilah-daftar-kosmetik-halal-terbarulppom-mui-sertifikasi2015, (2015, Oktober 5). Issa, Z. M. dkk., Practices of Food Producers in Producing Halal Food Products in Malaysia. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. 1(7): 53-63, 2009. Kelompok Studi Ekonomi Islam., Prospek Cerah Industri Kosmetik Halal. http://kseifebundip.org/2016/10/prospek-cerah-industri-kosmetik-halal, (2016, Oktober 3). Mahdi Borzooei dan Maryam Asgari., The Halal Brand Personality and Its Effect on Purchase Intention. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business. 5(3): 481491, 2013. Mokhlis, S., The effect of Religiosity on Shopping Orientation: An Exploratory Study in Malaysia. Journal of American Academy of Business. 9 (1): 64-74. 2006. Peter, J.P dan Jerry C. Olson., Consumer Behavior and Marketing Strategy. (7th ed). New York: McGraw-Hill. 2005. Salehudin, I., dan Lutfhi., Marketing Impact of Halal Labeling Toward Indonesian Muslim Consumer’s Behavioral Intention. ASEAN Marketing Journal. 3(1): 35 – 44, 2011. Sugiyono., Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2103

Article Metrics

Abstract - 638 PDF - 705

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2103.g1284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats