Karakteristik Kinerja dengan Variasi Jenis Bensin Pada Sistem Pengapian Standar dan Racing

Riki Candra Putra, Ali Rosyidin

Abstract


Kinerja pada motor bakar yang merupakan hasil dari proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder yang kemudian mentransmisikan gaya piston tersebut ke poros engkol hingga sampai ke roda bisa didapat dengan nilai yang berbeda-beda, oleh karena penggunaan bahan bakar dengan variasi angka oktan dan jenis sistem pengapian. Faktor lain yang mempengaruhi kecocokan bahan bakar dan sistem pengapian tergantung dari ukuran dan jenis mesin tersebut. Dengan melakukan pengujian sepeda motor di atas mesin dynamometer pada tiga jenis bahan bakar dan dua jenis busi dan koil, dapat diketahui karakteristik perubahan kinerja mesin, diantaranya adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar spesifik. Pada putaran tinggi antara 4000 sampai dengan 7000 RPM nilai daya terbesar terjadi p busi-koil Racing sebesar 6.415 kW pada 7000 RPM dan nilai torsi tertinggi pada pengujian premium busi-koil racing sebesar 9.127 Nm pada putaran 4000 RPM. Dan dengan melihat persentase kenaikan torsi dan daya, pada torsi terjadi kenaikan yang sangat cepat mulai dari kecepatan 1700 sebesar 0% hingga menuju ke 2380 RPM dengan kenaikan sudah mencapai 91% karena torsi sangat berperan saat mesin pertama kali dijalankan, tetapi pada daya terjadi kenaikan secara sedikit demi sedikit, terbukti pada kecepatan 2380 RPM masih mencapai nilai daya sebesar 28% dari daya maksimum.


Keywords: Busi, koil, motor bakar, daya, torsi


Full Text:

PDF

References


Agung, J., & Oetomo, S. (2014). Analisis Penggunaan Koil Racing Terhadap Daya Pada Sepeda motor. Jurnal Teknik Mesin, 22(1), 46–56.

Heywood, J. B. (1988). Internal Combustion Engine Fundamentals. In Sealing Technology (Vol. 2010). https://doi.org/10.1016/s1350-4789(10)70041-6 Irawan, D. (2017). Pengaruh Jenis Busi dan Campuran Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Mobil EFI. Jurnal Teknik Mesin, 6(1), 27–36. Jama, J., & Wagino, W. (2008). Teknik Sepeda Motor. In Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Joko Suwignyo, Samsudi Rahardjo, T. W. (2012). Perhitungan Daya Dan Konsumsi Bahan Bakar Motor Bensin Yamaha LS 100 cc. Jurnal Traksi, 12(2), 58–75. Sukma, T. (2013). Pemeliharaan kelistrikan sepeda motor. In Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor. Supriyana, N., & Mastur. (2018). UJI PERFORMA MOTOR BENSIN BERBASIS PROGRAM LABVIEW. Jurnal Jurnal Simetris, 9(2), 1009–1014. Wibowo, C. S., Aisyah, L., Widhiarto, H., & Riyono, S. (2015). Kebutuhan Angka Oktana Kendaraan Bermotor Mesin Bensin di Indonesia. Lembaran Publikasi Minyak Dan Gas Bumi, 49(1), 33–40




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2147

Article Metrics

Abstract - 786 PDF - 1467

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2147.g1327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats