ANALISA RANCANG BANGUN TURBIN TENAGA MAGNET SEDERHANA SEBAGAI SUMBER LISTRIK SKALA RUMAH TANGGA

Sumarno Sumarno

Abstract


Kebutuhan energi listrik terus bertambah seiring dengan pemenuhan kebutuhan hidup. Penyediaan sumber energi listrik yang ada di Indonesia pada saat ini sudah mulai mengalami keterbatasan. Pada saat-saat tertentu pembangkit listrik yang ada tidak lagi mampu supplai energi listrik. Pemadaman listrik bergantian pun dilakukan untuk kebutuhan pemenuhan energi listrik dari sumber pembangkit serta dampaknya sangat terasa bagi masyarakat, kebutuhan sumber pembangkit listrik bertenaga nuklir masih mengalami pro dan kontra. Dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan pada bagaimana membuat model pembangkit listrik alternatif yang dapat diciptakan dengan pemanfaatan gaya tolak menolak magnet. Magnet dengan kutub sama yang ditempatkan pada baling-baling dinamo motor DC akan terjadi putaran keseimbangan gaya. Besar gaya gravitasi dan gaya tolak magnet adalah sama. Keseimbangan ini akan berubah apa bila ada energi penggerak yang mengganggu keseimbangan. Magnet akan bergerak disekitar keseimbangan saat terjadi gangguan. Bergeraknya magnet akan menimbulkan perubahan fluk magnet. Perubahan fluk disekitar kumparan akan menyebabkan arus induksi pada kumparan sehingga dapat digunakan sebagai sumber arus listrik. Gangguan keseimbangan dari dua magnet yang saling tolak-menolak dapat diperoleh medan magnet tersebut. Pada pembangkit listrik yang memanfaatkan gaya tolak menolak magnet dinamo motor DC sebagai penggerak magnet agar bisa berputar yang diakibatkan gaya tolakkan magnet.
Kata Kunci : Krisis energi, dinamo motor DC, Putaran rendah/tinggi, Magnet stator dan Magnet generator


Full Text:

PDF

References


Budiman, Aris. Desain Generator Magnet Permanen untuk Sepeda Listrik.Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. 2011. Dimas,W. J., Sukamdi, T., dan Karnoto. 2011. Jurnal. Perancangan Generator Fluks Aksial Putaran Rendah Magnet Permanen Jenis Neodymium (NdFeB) Dengan Variasi Celah Udara. Universitas Diponegoro. Semarang. Halliday,D., & Resnick, R. (2005). Fisika Jilid 3. Jakarta: Erlangga. Nurhadi, Arif. 2011. Jurnal. Perancangan Generator Putaran Rendah Magnet Permanen Jenis FE Fluks Aksial. Universitas Diponegoro. Semarang. Suyoso. (2003). Common Textbook Listik Magnet. Jakarta: JICA IMSTEP Purnawan, B. S. 2012. Perancangan Pembangkit Listrik Sederhana Menggunakan Generator Mini Magnet Permanen. Universitas Pakuan. Bogor. Pane, Ennopati. Studi Sistem Eksitasi Dengan Menggunakan Permanent Magnet Gernerator (Aplikasi Pada Generator Sinkron di PLTD PT. Manunggal Wiratama. Medan : Universitas Sumatra Utara. 2009. Wildi, Theodore. Electrical Machines, Drives, and Power System Third Edition. New Jersey : PrenticeHall International, Inc.1997. Zuhal. Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektronika Daya. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.1995.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2156

Article Metrics

Abstract - 1244 PDF - 4808

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v1i0.2156.g1335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats