PENGARUH PHYSICAL EVIDENCE DAN CUSTOMER TRUST TERHADAP PATIENT SATISFACTION DI RSUD KOTA TANGERANG

Christian Kuswibowo

Abstract


Penelitian ini untuk menganalisis pengaruh physical evidence dan customer trust terhadap patient satisfaction. Objek penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan terhadap 120 responden dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penentuan ukuran sampel menggunakan teknik purposive sampling, teknik purposive sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode pengumpulan data menggunakan metode survey, dengan instrument penelitian adalah kuesioner. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS. penelitian ini membuktikan bahwa physical evidence  berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction serta Customer trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap patient satisfaction.

Kata Kunci: Physical Evidence, Customer Trust, Patient Satisfaction


Full Text:

PDF

References


Fandy Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Penerbit Andi, Yogyakarta

Ghozali, Imam. (2014). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haryadi.dkk (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Prima dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Kepuasan Pembelian kartu Telkomsel Di Surabaya Barat. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol.2 No.1

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Purwasari. (2018). Pengaruh People dan Physical Evidance terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen: 2355-9357 e-Proceeding of Management : Vol.6, No.1.

Rachman. (2017). Pengaruh Iklan, Trust dan Harga Terhadap Kepuasan Pembelian Moda Transportasi Sepeda Motor Merek Yamaha Di Kota Medan. Jurnal Manajemen Bisnis (JMB), Volume 31 No 1, Juni 2019 ISSN 2622-8351.

Radix. (2016). Analisis Marketing Mix 7P (Produk, Price, Promotion, Participant, Procces, Physical Evidance) terhadap Kepuasan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Bisnis. Vo.1 No.2

Shafix. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Physical Evidance dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pembelian Sepeda Motor. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Edisi Dua Puluh Enam, Alfabeta, Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3249

Article Metrics

Abstract - 744 PDF - 596

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3249.g2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats