PENGARUH INFLUENCER DAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SATE TAICHAN GORENG DI SERPONG
Abstract
Abstrak
Saat ini pemasaran secara digital banyak digunakan karena lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan menggunakan media konvensional. Penggunaan media instagram merupakan salah satu langkah yang efektif untuk meningkatan angka pangsa pasar dengan menggunakan influencer sebagai perantaranya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Influencer dan social media Instagram terhadap keputusan pembelian Sate Taichan Goreng. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif Penelitian ini dilakukan di Outlet Sate Taichan ‘’Goreng’’ Ruko Paramount Gading Serpong, dengan jumlah responden sebanyak 60 responden. Instrument data penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan metode analisis regresi linierr berganda dengan menggunakan Uji F ( Simultan ) dan Uji t ( Parrsial ). Hasil penelitian menunjukan bahwa Influencer, Media Sosial Instagram secara bersama-sama (simultan) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian sate taichan ‘’Goreng’’ di serpong. Berdasarkan hasil uji f pada variabel Influencer, Media Sosial Instagram terhadap Keputusan Pembelian memberikan hasil nilai Fhitung (36,979) > Ftabel (3,156) dan nilai signifikan 0,000 < dari 0,05. Hal ini menunjukan Ho di tolak Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh Influencer, Media Sosial Instagram secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan ‘’Goreng’’ di Serpong.
Kunci : Influencer, Sosial Media Instagram, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Books :
Amirullah. 2015. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
E. Riadi. (2014) - Metode statistika parametrik & nonparametrik Tangerang: Pustaka Mandiri,
Erlina, Y. (2010). Laporan Hasil Penelitian Mandiri. 95, 200.
Pustaka, K., Pemikiran, K., & Hipotesis, D. a N. (2004). Bab II Kajian Pustaka , Kerangka Pemikiran Dan Hipotesis. i, 16–45.
S santoso (2016) Panduan Lengkap SPSS Versi 23
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukardi. Bab Iii Metode Penelitian a. Metod Penelit Ilm. 2013;84:487-492. http://ir.obihiro.ac.jp/dspace/handle/10322/3933
Journal :
Chumairah, S., Hamid, F. Z., & Wijiyanty, M. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Media Sosial (Instagram) dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Sate Taichan “Goreng” (Studi Pada Konsumen Sate Taichan “Goreng” Cabang Tebet). Epigram, 15(1), 63–72. https://doi.org/10.32722/epi.v15i1.1219
KOTO DKF. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse All Star Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Universitas Methodist Medan. balita BGM. 2017;(No.10):1-5.
Kurniawan, James (2019) Efektivitas Influencer pada akun Instagram Pullman Jakarta Central Park. Bachelor thesis, Podomoro University. http://repository.podomorouniversity.ac.id/305/
Mileva, L., & Dh, ahmad fauzi. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian ( Survei Online pada Mahasiswa Sarjana Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2014 / 2015 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya yang Membeli Starbucks. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 58(1), 190–199.
Nisa Rohmatun. (2019). Pengaruh Sosial Media Influencer Dan Trustworthiness Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Make Over ( Di Royal Plaza ). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 07(02), 479–482.
Padhil, A., Saleh, A., Nusran, M., Ismail, H., & Aidel, A. (2018). Pengaruh Sosial Media Influencer Terhadap Pengaruh Minat Kerja Antar Brand. 3(2), 15–23.
Siregar, A. W. S. (2019).Pengaruh Celebrity Endorser dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Bolu Napoleon oleh : Adita Wanda Syahputri Siregar Fakultas Ekonomi dan Bisnis .
Internet :
NapoleonCat.com/userinstagraminindonesia
Pergikuliner.com/Restaurants/tangerang/sate-taichan
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3464
Article Metrics
Abstract - 13461 PDF - 10296DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3464.g2326
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .