PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK UMKM

Intan Puspanita, Asih Machfuzhoh, Refi Pratiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pelayanan fiskus dan pelayanan online terhadap kepatuhan wajib pajak UMKM. Sampel dalam peneltian ini adalah UMKM yang berada di Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan data primer dan diuji menggunakan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan fiskus memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Semakin tinggi tingkat pelayanan fiskus maka semakin tinggi tingkat kepatuhannya. Selain itu juga pelayanan online juga berpengaruh dan signifikan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak UMKM yang berada di Kota Cilegon. Semakin mudah pelayanan online maka akan berdampak terhadap tingkat kepatuhan yang semakin tinggi.

 

Kata Kunci: Kepatuhan, UMKM, Pajak.


Full Text:

PDF

References


Arianto, Dwi dan Nursawantara, Dian Anita. 2020. Pengaruh Persepsi Tarif Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Jurnal Akuntansi UNESA.,Vol.8 No.3.

Djajadiningrat.S.I. 2014. Perpajakan Indonesia. Jakarta; Salemba Empat.

Fuadi. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak, Sanksi Perpajakan, dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Tax & Accounting Review. Vol 1. No.1

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPPS. Semarang:Badan Penertbit Universitas Dipenogoro.

Gunawan, Teddy, dkk. 2014. Persepsi Wajib pajak Mengenaik E-Filling dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Melaporkan Pajak. Jurnal Review Akuntansi dan keuangan. 4(2)

Muthmaina, Nurul. 2017. Pengaruh Penerapan E-System Perpajakan Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib pajak Pada Kantor Pelayanan Pratama Bantaeng. Skripsi (Makasaar:Universitas Hasanuddin Makasar).

Nadhor, Kaerun. Dkk.2020. Pengaruh Penurunan Tarif pajak UMKM dan Sistem Pelayanan Online Terhadap Persepsi Wajib Pajak (Studi Pada UMKM Yang Terdaftar di KPP Semarang Barat). Jurnal Akuntansi, El Muhasaba, Volume 11, No.

Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 Tentang Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.

Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Sari, Desi Permata.dkk.2019. Pengaruh Pemahaman Pajak, Pelayanan Aparat Pajak, Sanksi Perpajakan dan Preferensi Risiko Perpajakan Terhadap Keatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus UMKM Toko Elektronik Di Kecamatan Sitiung Dharmasraya. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Bisnis. Vol. 1. No.2

Tene Johanes Herbert,dkk. 2017. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Pajak, Sanksi Perpajakan dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepayuhan Wajib Pajak (Studi Empiris Pada Wajib Pajak Orang Pribadi Yang Terdaftar di KPP Pratma Manado. Jurnal EMBA. Vol.5. No. 2

Wahyuningsih, Tri. 2016. Pengaruh Pemahaman Wajib Pajak, Tarif Pajak, Mekanisme Pembayaran Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM Bidang Mebel di Surakarta. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3474

Article Metrics

Abstract - 5090 PDF - 3473

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3474.g2241

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats