MENGUKUR PERFORMA UNTUK MERANCANG LATIHAN DAN MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ATLET DENGAN STATISTIK BOLA VOLI (SCOUTING)

sujarwo - jarwo

Abstract


Tujuan pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini pelatih bola voli di klub Yuso Yogyakarta dan juga Klub Ganeksa Gunung Kidul adalah untuk berbagi informasi tentang statistik dalam bola voli untuk menganalisis permainan bola voli dan juga untuk merancang latihan berdasarkan data yang diperoleh dan dianalisis. Metode pengabdian menggunakan teori dan diskusi, teori disampaikan dengan presentasi dari pemateri dan diskusi antara pemateri dengan peserta.  Peserta pengabdian ini adalah pelatih bola voli dari dua klub bola voli yang ada di Yogyakarta, yaitu: Yuso Yogyakarta dan Ganeksa Gunung Kidul. Jumlah Peserta 30 orang. Hasil pengabdian pelatih dari kedua klub mengetahui dan akan mempraktekkan baik pada saat pertandingan ataupun latihan menggunakan pengambilan data, menggunakan data statistik yang diperoleh untuk merancang latihan dan untuk merancang strategi berikutnya pada saat bertanding. Peningkatan pengetahuan dilihat dari peningkatan mean rerata evaluasi soal perbandingan pretest dan postest. Mean rerata pretest sebesar: 68.67, sedangkan posttest: 83,33 sehingga tejadi perbedaan sebesar: 14.66. Pengetahuan pelatih bola voli di dua klub Yogyakarta mengalami peningkatan dengan adanya kegiatan pengabdian yang dilakukan Statistikan dalam olahraga bola voli sangat dibutuhkan, statistik dengan aplikasi dan manual dicari untuk efektifitasnya, dan juga disampaikan ke khalayak khususnya pelatih bola voli yang lebih luas tidak hanya dua klub bola voli.


Full Text:

PDF

References


Addona, V. (2010). Using sports data to motivate statistical concepts: experiences from a freshman course. Proceedings of the Eighth International Conference on Teaching Statistics (ICOTS).

Bagley, C and Ware, B. (2017). Bump, Set, Spike: Using Analytics to Rate Volleyball Teams and Players. MIT Sloan. Sports Analitics Conference.

Fetteroll, C. (2020). Statistics for every fan. Massachusetts: Springfield College.

Lock, R.H. (2006). Teaching an Introductory Statistics Class. Based on Sports Examples. United States: St. Lawrence University. ICOTS-7.

Reuse. (2018). Sports Statistics: 2018 edition. Luxembourg: Publications Office of the European Union.

Sujarwo dan Suharjana. (2020). Kontribusi Kemampuan Block dan Defense pada Cabang Olahraga Bolavoli. Jurnal Kepelatihan Olahraga, Universitas Pendidikan Indonesia. Volume, 12. No, 1. Maret 2020. p-ISSN 2086-339X / e-ISSN 2657-1765.

Swartz, T. (2004). A Graduate Course in Statistics in Sport. Simon Fraser University, Department of Statistics and Actuarial Science. Canada: University Drive.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3491

Article Metrics

Abstract - 401 PDF - 892

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3491.g2245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats