Pengaruh Kinerja Lingkungan, Citra Perusahaan dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan CSR

Hustna Dara Sarra, Sustari Alamsyah

Abstract


CSR merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan sosial. Melalui program CSR dihapkan dapat menjadi media promosi untuk menjaga eksistensi perusahaan di masyarakat. Masalah muncul ketika orientasi bisnis perusahaan hanya berfokus pada laba, sehingga tanggung jawab sosial lingkungan perusahaan diabaikan. Hal ini akan berdampak pada lemahnya legitimasi masyarakat yang dapat berakibat pada terganggunya kegiatan operasional perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kinerja lingkungan, citra perusahaan dan ekspos media terhadap pengungkapan CSR. Sampel penelitian yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2015-2018 diambil berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja lingkungan dan citra perusahaan berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, sedangkan eksposur media tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR.


Full Text:

PDF

References


Agustami, S., & Hidayat, S. (2017). Pengaruh Profibilitas Dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 3(3), 753. https://doi.org/10.17509/jrak.v3i3.6618

Aulia, F. Z. (2015). Pengaruh Karakteristik Perusahaan, Kinerja Lingkungan, dan Liputan Media terhadap Environmental Disclosure (Universitas Negeri Semarang; Vol. 3). https://doi.org/ISSN 2252-6765

Daniel, N. U. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage dan Likuiditas Terhadap Luas Pengungkapan Laporan Keuangan. 24.

Dita, A. N. H. (2018). Pengaruh Kinerja Lingkungan dan Profitabilitas Terhadap Corporate Social Responsibility (CSR) Disclosure (Vol. 15). https://doi.org/10.22201/fq.18708404e.2004.3.66178

Ghozali, I., & Chariri, A. (2014). Teori Akuntansi (4th ed.). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasan, S., & Andriany, D. (2018). Pengantar CSR. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lyon, T. P., & Shimshack, J. P. (2015). Environmental Disclosure: Evidence From Newsweek’s Green Companies Rankings. In Business and Society (Vol. 54). https://doi.org/10.1177/0007650312439701

Nurjanah, N. (2015). Kinerja Lingkungan, Leverage, Profil dan Pertumbuhan Perusahaan: Pengaruhnya Terhadap CSR Disclosure.

Nurlaila, Lubis, A. F., Bukit, R., & Fachruddin, K. A. (2017). The influence of stakeholder pressure and environmental performance on corporate social and enviromental disclosureand its implication on the value of the firm : (The study on mining companies listed at Indonesia stock exchange in 2011-2015). International Journal of Economic Research, 14(15), 353–369.

Panjaitan, J. (2015). Citra Perusahaan Di Mata Masyarakat (Studi Deskriptif Kuantitatif Pengukuran Citra PT Pertamina EP Field Pangkalan Susu Kelurahan Beras Basah Kecamatan Pangkalan Susu). 1–10.

Prasiska, Y. V., & Dkk, D. (2017). CSR dan Citra Perusahaan. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 24(1), 43–49.

Prasiska, Y. V., Pertiwi, B., & Nabila, Y. R. (2017). CSR dan Citra Perusahaan (Survei Pada Warga Sekitar PT Pandatex). 339–344.

Sarumpaet, S. (2006). The Relationship Between Environmental Performance And Financial Performance of Indonesian Companies. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.9744/JAK.7.2.PP. 89-98

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan Dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial: Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta. 69–85.

Sudjana, N. L. A. S., & Sudana, I. P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan CSR Dengan Profile Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi. 19, 2468–2495.

Du, S., Vieira, E.T. Striving for Legitimacy Through Corporate Social Responsibility: Insights from Oil Companies. J Bus Ethics 110, 413–427 (2012). https://doi.org/10.1007/s10551-012-1490-4

Senz, Cesar. 2019. Building legitimacy and trust between a mining company and a community to earn social license to operate: A Peruvian case study. Journal of Corporate Social Responsibility And Environmental Management. Willey Online Library.

Widiastuti, H., Utami, E. R., & Handoko, R. (2018). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Tipe Industri, Growth, dan Media Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2015). Riset Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(25), 107–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3577

Article Metrics

Abstract - 4093 PDF - 3016

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3577.g2469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats