MODEL PEMBELAJARAN LI-PRO-GP (LITERASI BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI GLS DAN PPK)
Abstract
Abstrak
Li-Pro-GP merupakan model pembelajaran yang mengembangkan literasi berbasis
pembelajaran proyek terintegrasi dengan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) dan PPK
(Penguatan Pendidikan Karakter). Li-Pro-GP telah dikembangkan menggunakan model
Borg and Gall (1983). Kegiatan literasi diterapkan dalam sintaks pembelajaran proyek yaitu
1) pengenalan masalah, 2) mendesain perencanaan, 3) penyusunan jadwal, 4) pelaksanaan
dan monitoring, 5) menguji hasil, 6) evaluasi dan refleksi. GLS adalah sebuah gerakan
literasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang merupakan bagian
dari Gerakan Literasi Nasional. Tahapan GLS terdiri dari pembiasaan, pengembangan,
dan pembelajaran . Sedang PPK adalah gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat
karakter siswa yang diintegrasikan yaitu aspek integritas, Religius, Nasionalis, Gotong
Rorong, dan Kemandirian.
Kata Kunci: literasi, pembelajaran proyek, penguatan karakter
Abstract
Li-Pro-GP is a learning model that develops literacy based on integrated project learning with GLS
(School Literacy Movement) and PPK (Strengthening Character Education). Li-Pro-GP has been
developed using the Borg and Gall (1983) model. Literacy activities are applied in the project learning
syntax, namely 1) problem recognition, 2) planning design, 3) scheduling, 4) implementation and
monitoring, 5) testing results, 6) evaluation and reflection. GLS is a literacy movement within the
Ministry of Education and Culture which is part of the National Literacy Movement. The GLS stage
consists of habituation, development, and learning. Meanwhile, PPK is an educational movement in
schools to strengthen the character of students which is integrated, namely aspects of integrity, Religious,
Nationalism, Mutual Cooperation, and Independence.
Keywords : literacy, project learning, character strengthening
Full Text:
PDFReferences
Aisyi, F. K., Elvyanti, S., Gunawan, T., & Mulyana, E. (2013). Pengembangan Bahan Ajar
Tik Smp Mengacu Pada Pembelajaran Berbasis Proyek. Ivotec, IX(2), 117–128.
Antasari, I. W. (2015). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI
Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(40), 13–26.
Beer, C. . (2009). A Principal’s Guide to Literacy Instructional. Guilford Press.
Goodman, & Stivers. (2010). Mendefinisikan Project Based Learning (PjBL). Educational
Physcology.
Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Media Buku Cerita Bergambar Di Sd Negeri Wotan
Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 118–126.
Kemendikbud. (2017a). Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah.
Kemendikbud. (2017b). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2017c). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Kementerian Pendidikan Dan
Kebudayaan Republik Indonesia.
Pantiwati, Y., Permana, F. H., Kusniarti, T., & Miharja, F. J. (2020). The Characteristics of
Literacy Management in School Literacy Movement ( SLM ) at Junior High School in
Malang - Indonesia. Asian Social Science, 16(4), 15–24.
https://doi.org/10.5539/ass.v16n4p15
Rohendi, E. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1).
Sari, I. F. R. (2018). Konsep dasar gerakan literasi sekolah tentang penumbuhan budi pekerti.
Al-bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1).
Sari, L. I., Satrijono, H., & Sihono. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek
( Project Based Learning ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara
Siswa Kelas VA SDN Ajung 03 ( The Application of Method Project Based Learningfor Improving Learning Outcomes on Speaking Skil. Jurnal Edukasi UNEJ, 2(1), 11–14.
Sekjen Kemendikbud. (2017). Konsep dan Pendidikan Penguatan Pendidikan Karakter. Pusat
Analisis dan Sinkronisas di Kebudayaan.
Suyatna, A. (2017). Membangun Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Kolaboratif,
Komunikatif Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Seminar Nasional Membangun
Profesionalisme Guru Pendidikan Dasar Dalam Era Global, 1–19.
Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada
pembelajaran tematik di sekolah dasar. Sekolah Dasar, 26, 116–123.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3593
Article Metrics
Abstract - 1332 PDF - 2553DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3593.g2242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .