Analisis Gaya Bahasa pada Puisi Karya Siswa Kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa perbandingan dalam puisi karya Siswa Kelas X (Sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan Implikasinya pada Pembelajaran Sastra. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Sumber datanya puisi karya siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan data primernya adalah temuan kutipan puisi yang yang mengandung gaya bahasa perbandingan metafora, pleonasme, personifikasi, tautology, perumpamaan, periphrasis, dipersonifikasi, antisipasi, alegori, korekasio, antithesis. Hasil penelitian sebagai berikut: Ditemukan gaya bahasa perbandingan pada puisi karya siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dengan rinciannya, yaitu; gaya bahasa perbandingan - personifikasi sebanyak 8 temuan, antitesis sebanyak 6 temuan, alegori 5 temuan, metafora 5 temuan, perumpamaan 4 temuan, antisipasi 2 temuan dan tautologi 6 temuan. Materi gaya bahasa termasuk dalam pembelajaran sastra di SMA yang mengacu pada Kompetensi Dasar, Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pendidikan. Artinya, terdapat implikasi antara kajian gaya bahasa perbandingan pada puisi karya siswa kelas X (sepuluh) SMA Negeri 9 Kota Tangerang dan Pembelajaran Sastra.
Full Text:
PDFReferences
Adilla, Ridha AR. 2017. Gaya Bahasa Pada Lirik Lagu Dalam Album Gajah Karya Tulus dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Lampung: Universitas Lampung
Ambarita, B & P. Ambarita, DF. 2018. Kritik Sastra, Gaya Bahasa, dan Peribahasa. Bandung: Alfabeta
Bachtiar, Achmad, dkk. 2017. Kajian Puisi. Jakarta: Pustaka Mandiri
Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers
Hudhana, Winda Dwi. 2018. Metode Penelitian Sastra Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Samudra Biru
Ismawati, Esti. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Penerbiy Ombak
Kurniastuti, Dwi. 2016. Analisis Gaya Bahasa Pada Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA. Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo
Lestari, D.L & Aeni, E.S. 2018. “Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan Pada Kumpulan Cerpen Mahasiswa”. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Volume 7, No. 1. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id (diakses 19 April 2020)
Markamah, E.S., Winarni, R., & Slamet, St.Y. 2016. Kajian Puisi. UNS: Press
Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Mada: University Press
Ibrahim, Soleh. 2015. “Analisis Gaya Bahasa Dalam Kumpulan Novel Mimpi Bayang Jingga Karya Sanie B. Kuncoro.” Jurnal Sasindo Unpam, Volume 3, Nomor 3. http://openjournal.unpam.ac.id (diakses 19 April 2020)
Pradopo, Rachmat Djoko. 2017. Pengkajian Puisi. Gajah Mada: University Press
Rachmadhani, Dwi Febriyani. 2017. Analisis Penggunaan Gaya Bahasa Pada Puisi Karya Siswa SMA di Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Satori, Djam’an & Aan Komariah. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. IKAPI: Alfabeta
Slamet, ST. Y. 2019. Pembelajaran Bahasa dan Sasta Indonesia. UNS: Press.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Wahyudi, Danang. 2016. “Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas V SD Suryodiningratan 2”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 16 Tahun ke-5. https://eprints.uny.ac.id (diakses 10 April 2020)
Zulfahnur, dkk. 2016. Teori Sastra. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3611
Article Metrics
Abstract - 2161 PDF - 1850DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.3611.g2491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .