Dukungan Keluarga dengan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi di Puskesmas Balaraja

Eni Nuraeni, Alpan Habibi, Muhamad Lutpi Baejuri

Abstract


Hipertensi adalah suatu keadaan dimana tekanan systole dan diastole mengalami kenaikan yang melebihi batas normal yaitu tekanan darah systole > 140 mmHg dan diastole > 90 mmHg. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia dengan hipertensi di Puskesmas Balaraja. Desain penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dukungan keluarga dan kualitas hidup yang telah diuji validitas dan reabilitas. Sampel berjumlah 88 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Chi-square dan Pearson Product Moment Correlation Coefficient. Penelitian ini menunjukan bahwa 51,1% responden memiliki dukungan keluarga baik, sedangkan 48,9% responden memiliki dukungan keluarga kurang baik, dan kualitas hidup baik 56,8% responden, sedangkan kualitas hidup kurang baik 43,2% responden. Hasil uji statistik Chi-square p= 0,000 (< 0.05) maka dapat dinyatakan Ha diterima yang menyatakan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia dengan hipertensi di Puskesmas Balaraja. Selain itu, didapatkan pula Pearson Product Moment Correlation Coefficient sebesar 0,80 yang artinya hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup lansia dengan hipertensi memiliki korelasi kearah positif yang sangat kuat. Hal ini berarti dukungan keluarga memiliki peran dalam meningkatkan kualitas hidup lansia dengan hipertensi. Diharapkan pada tenaga kesehatan perlu untuk mempertahankan dukungan keluarga agar lansia dengan hipertensi mampu meningkatkan kualitas hidupnya.

 

Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Hipertensi, Kualitas Hidup Lansia


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Afian. Nurma, Djaggan Sargowo, Ika Setyo Rini. 2013. Hubungan Kepatuhan Terapi Terhadap Kualitas Hidup Paisen Dengan Hipertensi Derajat II.

Alfian. Riza, Yugo Susanto, Siti Khadizah. 2017. Kualitas Hidup Pasien Hipertensi Dengan Penyakit Penyerta di Poli Jantung RSUD Ratu Zalecha Martapura. Akademi Farmasi ISFI Banjarmasin.

Anbarasan, S. S. (2015). Gambara Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi Diwilayah Kerja Puskesmas Rendang Pada Periode 27 Februari Sampai 14 Maret 2015. VOL. 4 NO 1.Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Azizah. (2011). Edisi pertama Keperawatan Lanjut Usia. Yogyakarta: Graha Ilmu Azizah, R. dan Hartanti, R. D.2016. Hubungan Antara Tingkat Stress Dengan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesma Wonopringgo Pekalongan. Jurnal Research Coloquium 2016. Program Srudi Ners STIKes Muhammadiyah Pekajangan.

Azmi, N.,Karim, D., & Nauli, F. A.2018. Gambaran Kualitas Hidup Lansia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Sidomulyo Kecamatan Tampan Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan.

Bowling, Ann. (2014). Quality of Life: measure and meanings

Bowling, Ann. (2011). OPQOL summed scoring and reverse coding.

Dahlan, M.S. 2014. Ststistik Untuk Kedokteran dan Kesehatan. Epidemiologi Indonesia.

Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta: CV. Trans Info Medika

Fitria, Yuli. 2015. Pengaruh Pelatihan Kesadaran Ilahiyah Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Lanjut Usia di Panti Sosial Tresna Werdha Unit Budi Luhur. Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan.

Friedman, MM, Bowden, O & Jones, M (2010). Buku Ajar Keperawatan Keluarga: riset, teori & praktik Ed. 5. alih bahasa Achir Yanis. Hamid et.al, editor edisi bahasa Indonesia, Estu Tiar, Jakarta: EGC

Gonibala. Rika S, Wulan P.J. Kaunang, Sekplin A.S. Sekeon. 2017. Hubungan Antara Hipertensi Dengan Kualitas Hidup Pada Lansia Di Kelurahan Kolongan Kecamatan Tomohon Tengah Kota Tomohon Pada Tahun 2017. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi.

Jiwantoro, Y. 2017. Riset Keperawatan Analisis Data Statistic Menggunakan SPSS. Jakarta. Mitra Wacana Media.

Mardyaningsih, P. D. (2014). Kualitas Hidup pada Penderita Gagal Ginjal Kronis yang Menjalani Terapi Hemodialisis di RSUD Soedirman.

Notoatmodjo, Soekidjo .2014. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta:Rineka Cipta

Notoatmojdo, Soekidjo.2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta. PTRineka Cipta

Nugroho, H. W. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik (ed. 3). Jakarta : EGC.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Nugroho, H. W. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik (ed. 3). Jakarta : EGC.

Nursalam. 2013. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.

Pramesti, G. 2016. Kupas Tuntas Data Penelitian dengan SPSS 22. Jakarta. PT Elex Media Komputido.

Ratag, B.T, Marco, A.D, Poluan, F.C. (2017). Hubungan Antara Hipertensi Dengan Kualitas Hidup Pada Penduduk di Kelurahan Kinilow Kecamatan Tohmohom Utara Kota Tohmohom. Manado : Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Manado.

Rohmah, A. I., Purwaningsih, & Bariyah, K. (2015). Kualitas Hidup Lanjut Usia. Jurnal Keperawatan.

Seftiani, Lliy. Et al. (2017). Hubungan Kualitas Hidup Lansia Dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Perumnas II Kelurahan Sungai Beliung Kecamatan Pontianak Barat. Journal.

Sri Damayanti. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Lansia Penderita Hipertensi Di Dusun Grujugan Bantul Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

Suardana, I. Wayan et al. (2014). Dukungan Keluarga dan Kualitas Hidup Lansia Hipertensi. Journal.

Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Tamher, S & Noorkasiani, 2009. Kesehatan Usia Lanjut Dengan Pendekatan Asuhan Keperawatan. Jakarta : EGC.

Wafroh, S., Herawati, & Lestari, D. R. (2016). Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Lansia Di PSTW Budi Sejahtera Banjarbaru.

WHO. (2018). WHOQOL: Measuring Quality of Life. Avaible from URL: http://www.who.int/healthinfo/survey/whoqol-qualityoflife/en/

Widiandari, T. D., Widiani, E., dan Rosdiana, Yanti.2018. Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Lansia Dalam Pengelolaan Penyakit Hipertensi

Di Poli Interna RST Dr. Soepraoen Malang. Nursing News, Volume 3, Nomor 1.

Wikananda, G. 2015. Hubungan Kualitas Hidup dan Faktor Risiko Usia Lanjut di Wilayah Kerja Puskesmas Tampaksiring 1 Kabupaten Gianyar Bali 2015. Bali Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Vol. 8:41-49.

Yeni. Fitra, Miftahul Husna, Dachriyanus. 2016. Dukungan Keluarga Mempengaruhi Kepatuhan Pasien Hipertensi. Universitas Andalas.

Yenni. (2011). Hubungan Dukungan Keluarga dan Karakteristik Lansia dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Perkotaan Bukittinggi. Tesis: Fakultas Ilmu Keperawatan Program Pasca Sarjana Ilmu Keperawatan Depok.

Yogiantoro, M.2009. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Universitas Indonesia. Internal Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.5740

Article Metrics

Abstract - 4433 PDF - 2971

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v2i0.5740.g2988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats