Pengembangan Model Mekanika Terbang Pesawat Udara Cessna 182 dengan Menggunakan Scilab Xcos
Abstract
Model mekanika terbang pesawat udara memiliki peran penting untuk melakukan analisis gerak dan sikap pesawat udara terhadap input yang diberikan. Pengembangan model mekanika terbang pesawat biasanya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak yang umum digunakan, yaitu MATLAB Simulink. Namun, perangkat lunak ini bersifat komersial dengan harga tinggi. Pada penelitian ini model mekanika terbang pesawat udara Cessna 182 dikembangkan dengan perangkat lunak open-source, yaitu Scilab Xcos. Model dikembangkan berdasarkan persamaan gerak pesawat udara 6 derajat kebebasan yang didukung oleh 3 sub-sistem, yaitu gaya dan momen, lingkungan, dan input (bidang kendali dan throttle). Masing-masing komponen model diverifikasi dengan melakukan perbandingan dengan model referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Scilab Xcos mampu digunakan untuk melakukan pemodelan mekanika terbang pesawat dan melakukan simulasi terbang pesawat dengan input yang diberikan.
Full Text:
PDFReferences
Abdulhamitbilal, E., Jafarov, E. M., & Kavsaoğlu, M. Ş. (2007). Matlab-Simulink Nonlinear Modeling and Simulation of Aircraft Longitudinal Dynamics. Eurosim 2007, 2007, 9–13.
Ahmed, U. (2012). 3-DOF Longitudinal Flight Simulation Modeling And Design Using MATLAB / SIMULINK. Ryerson University.
Atmasari, N. (2020). Pemodelan dan Simulasi Dinamika Terbang Pesawat Cessna 182. In Inovasi Teknologi Penerbangan dari Pustekbang untuk Indonesia (pp. 130–156).
De Marco, A., Duke, E. L., & Berndt, J. S. (2007). A General Solution to the Aircraft Trim Problem. Collection of Technical Papers - 2007 AIAA Modeling and Simulation Technologies Conference, 2(August), 792–831. https://doi.org/10.2514/6.2007-6703
Garza, F., & Morelli, E. a. (2003). A Collection of Nonlinear Aircraft Simulations in MATLAB. Technical Memorandum.
Paul, R. J., & Neelamkavil, F. (1987). Computer Simulation and Modelling. The Journal of the Operational Research Society, 38(11), 1092. https://doi.org/10.2307/2582236
Raymer, D. P. (2002). Enhancing Aircraft Conceptual Design Using Multidisciplinary Optimization. In PhD Theses (Issue May).
Rizaldi, A., Jayanti, E. B., Pranoto, F. S., Suseno, P. A. P., Septiyana, A., Wijaya, Y. G., & Atmasari, N. (2021). Pengembangan Sistem Pemodelan Linier Pesawat Udara Otomatis Berbasis Data Keluaran Datcom. SEMNAS Corisindo 2021.
Rizaldi, A., Wijaya, Y. G., Atmasari, N., Ardi, P., Suseno, P., Pranoto, S., & Septiyana, A. (2020). Optimisasi Desain Sayap Pesawat Terbang Tanpa Awak Untuk Maksimisasi Performa Dengan Metode Orthogonal Steepest Descent. Proceeding SNEEMO, September, 41–46.
Roskam, J. (2001). Airplane Flight Dynamics and Automatic Flight Controls. In Notes and Queries. Design, Analysis and Research Corporation.
Suseno, P. A. P., Rizaldi, A., Wardana, T. K., Atmasari, N., Wijaya, Y. G., & Pranoto, F. S. (2020). Perancangan Hukum Kendali Terbang Linear Pesawat LSA pada Matra Longitudinal. Technologic, 11(2).
Wahyudi, A. H. (2013). Simulasi dan Analisa Autopilot Longitudinal LSU 01 dengan Simulink MATLAB. In A. Bintoro & G. S. Prabowo (Eds.), Penelitian dan Kajian Teknologi Pesawat Terbang (pp. 66–69). Indonesia Book Project.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5952
Article Metrics
Abstract - 625 PDF - 441DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5952.g3160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .