PENGGUNAAN APLIKASI TOKOKU UNTUK MENGEMBANGKAN PEMASARAN PRODUK BIDANG EKWIR PK IMM FKIP UMPRI
Abstract
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan sosialisasi kepada kader PK IMM bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (EkWir) FKIP UMPRI pada pengembangan kapasitas kewirausahaan kader dan organisasi dalam rangka mencapai cita-cita kemandirian organisasi yaitu mengarah pada pengembangan kemampuan kader dalam berwirausaha, sehingga kader secara mandiri memiliki bekal kewirausahaan.
Metode pelaksanaan terdiri dari persiapan meliputi prasurvei, pembentukan tim, pembuatan dan pengajuan proposal, koordinasi tim dan mitra serta menyiapkan alat dan materi pelatihan. Tahap kedua adalah tahap implementasi program berupa sosialisasi. Sosialisasi dilakukan melalui penyuluhan (penyajian materi) dan diskusi. Tahap ketiga adalah tahap evaluasi dan pelaporan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan kondisi mitra sebelum dan sesudah pelaksanaan program.
Hasil nya adalah para kader PK IMM bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (EkWir) FKIP UMPRI lebih tertarik dengan dunia usaha, dan meningkatkan kreativitasnya dalam berbisnis. Sosialisasi ini juga tidak hanya mengajari mereka cara membuat toko online, tetapi juga cara menggunakannya, cara mengoperasikan toko online, serta strategi memasarkan produknya.
Full Text:
PDFReferences
Bjerke dan Hultman, 2006. Marketing Entrepreneurship and National Culture, In Research at the Marketing Entrepreneurship Interface. Chicago: University of Illionis at Chicago.
Bustami, Bernadien, Nurlela, Sandra, Ferry, 2007. Mari Membangun Usaha Mandiri. Pedoman Praktis Bagi UKM. Penerbit Graha Ilmu Jogjakarta.
Carson,D., Cromie, S., Mc. Gowan, P. and Hill, J., 2007. Marketing And Entrepreneurship in SMEs – An Innovative Approach, London : Prentice Hall.
Ernani Hadiyati, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Volume 1 No. 3 September 2012 Halaman 135-151.
Emine Rdogan, Dapat Uslay, 2014, Peran mediasi pemasaran kewirausahaan sadar ( MEM) antara produksi dan konsumsi : Journal of Research in Pemasaran dan Kewirausahaan: Vol 16, No 1.
Hultman, Miles, Morgan, 2008. The Evaluation and Development of Entrepreneurial Marketing. Journl of Small Business management, Vol46, Issue 1, P99-112.
Hadiyati, E., 2008. Model Pemasaran dalam Pem-berdayaan Usaha Kecil. Jurnal Manajemen Gajayana, Vol 5, No. 1Juni.
Hills, Gerald, 2008. Marketing and Entrepreneurship, Research Ideas and Opportunities. Journal SMEs of Research Marketing and Entre- preneurshipVol. 2 No.
Michelle Renton , Urs Daellenbach , Sally Davenport , James Richard , (2015) "Kecil tapi canggih: pemasaran Wirausaha dan UKM pendekatan untuk manajemen merek",Jurnal Penelitian Pemasaran dan Kewirausahaan, Vol. 17 Iss: 2, pp.149 – 164.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), 2004-2009. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2005 entang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional. Jakarta, Sinar Grafika.
Mujiyana, J@TI Undip, Vol VII, No 3, September 2012
Scarborough, N.M., and T.W. Zimmerer, 2005. Essentials of Entrepreneurship and small business management 4 h Edition. Upper Saddle River, Nj: Prentice Hall,Inc.
Stokes, D., 2007. Putting Entrepreneurship Into Marketing, Journal of Research inMarketing & Entrepreneurship: Vol. 2 No. 1: Spring2000
Swastha D.H. dan Irawan, 2008. Manajemen Pemasaran Modern.Edisi ke 13 BPFE Yogyakarta. Sri Nastiti Andharini, Ekonomika-Bisnis Vol. 03 No.2 Bulan Juli Tahun 2012, Hal121-130.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5965
Article Metrics
Abstract - 295 PDF - 234DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5965.g3132
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .