Simulasi Desain Input untuk Identifikasi Parameter Pesawat UAV MFE Fighter

Eries Bagita Jayanti, Ardian Rizaldi, Fuad Surastyo Pranoto, Novita Atmasari, Singgih Satrio Wibowo

Abstract


Pemlilihan input yang dapat mengeksitasi modus gerak pada matra longitudinal dan lateral direksional sebuah pesawat udara sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil identifikasi parameter yang akurat. Proses pemilihan input dimulai dengan penyusunan model linier yang dilakukan dari hasil pengukuran dengan DATCOM yang kemudian diberikan simulasi input dan menghasilkan output respon gerak pesawat. Gerak pesawat tersebut kemudian dilakukan proses identifikasi parameter untuk mendapatkan model linier. Model linier tersebut dibandingkan dengan model linier hasil dari DATCOM. Bentuk input yang sesuai dilihat dari kedekatan model linier antara hasil identifikasi parameter dan DATCOM menggunakan RMSE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk input pulse untuk elevator dengan amplitudo 1 derajat selama 3 detik paling sesuai dalam mengeksitasi modus gerak matra longitudinal. Sedangkan bentuk input 3-2-1-1 untuk aileron serta rudder pulse 1 derajat paling sesuai dalam mengeksitasi modus gerak lateral direksional pesawat UAV MFE Fighter.

Full Text:

PDF

References


D. McRuer, I. A. and D. G. (1973). Aircraft Dynamic and Automatic Control. Princeton University Press.

Indreswari Suroso. (2016). Peran Drone Unmanned Aerial Vehicle (UAV) Buatan STTKD dalam Dunia Penerbangan.

J.D. Anderson. (2009). Fundamentals of Aerodynamics (5th ed.). McGraw-Hill.

Jategaonkar, R. V. (2006). Flight Vehicle System Identification (Issues 978-1-62410-279–0).

Jayanti, E. B., Atmasari, N., Mardikasari, H., Rizaldi, A., Pranoto, F. S., & Wibowo, S. S. (2019). Pengaruh Masukan Kendali Terhadap Hasil Identifikasi Parameter Pesawat Udara Konfigurasi Konvensional Matra Terbang Longitudinal. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 7(1), 25–30. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.7.1.2019.25-30

Klein, V., & Morelli, E. A. (2006). Aircraft System Identification: Theory and Practice.

L.V. Schmidt. (1998). Introduction to Aircraft Flight Dynamics. American Institute of Aeronautics and Astronautics (AIAA).

M. D. A. Company. (1999). The USAF Stability and Control DATCOM. Public Domain Aeronautical Software.

makeflyeasy. (2020). Fighter VTOL 4+1 Fixed Wing. https://diydrones.com/profiles/blogs/fighter-vtol-4-1-fixed-wing

Mullen, G. . (2000). Aircraft Parameter Identification Using Matlab.

Plaetschke, E., Mulder, J. A., & Breeman, J. H. (1983). Flight Test Results of Five Input Signals for Aircraft Parameter Identification. IFAC Proceedings Volumes, 2(4), 1149–1154. https://doi.org/10.1016/S1474-6670(17)63152-5

Priyono, E. (2011). Pesawat Terbang Tanpa Awak (PTTA) Sebagai Salah Satu Komponen Kekuatan Udara. Indept, 1(2).

R. D. Finck. (1978). USAF Stability and Control DATCOM.

Remple, R. K., & Tischler, M. B. (2006). Aircraft and Rotorcraft System Identification. Aircraft and Rotorcraft System Identification. https://doi.org/10.2514/4.861352

T.J.G. Paul Gerin Fahlstrom. (2012). Introduction to UAV Systems. A John Wiley Sons, Itd, Publication.

Wibowo, S. S. (2021). Rancang Bangun Software Identifikasi Parameter Pesawat untuk Uji Terbang, Chapter 4. Private.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5972

Article Metrics

Abstract - 458 PDF - 293

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.5972.g3133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats