Kajian Perbandingan Injector 6 Holes Dengan Injector 8 Holes Terhadap Performa Gasoline Engine Fuel Injection 110 Cc

ali rosyidin, Yafid Effendi, Rohmat Mufti Ali, Dwiki Bagusworo

Abstract


Perkembangan dunia otomotif yang semakin modern, membuat masyarakat berantusias dalam melakukan modifikasi dan melakukan pengujian kendaraan pribadinya, khususnya sepeda motor berbahan bakar bensin (gasoline engine), mulai dari penambahan aksesoris kendaraan sampai dengan ngoprek  elemen/part komponen engine/motor,  khususnya sepeda motor kapasitas kecil dengan teknologi Programed Fuel Injection (PGM FI) 110 Cc yang banyak digemari kaum milenial, diantaranya Honda Beat yang memiliki komponen melimpah dipasaran. Part engine/motor yg didalamnya terdapat  injector 6 holes, di modifikasi/diganti injector 8 holes berdapak pada perubahan performa engine/motor, yakni daya dan torque. Hasil  pengujian injector 6 holes dengan 8 holes dengan rpm 1424, injector 6 holes hp (0,005) dan Torque (0,15 N.m). Injector 8 holes hp (0,036) dan Torque (0,2 N.m). Dengan rpm 7100 injector 6 holes, hp( 5,912) dan Torque (5,9N.m). Injector 8 holes, hp (5,377) dan Torque ( 5,4 N.m).


Full Text:

PDF

References


Arends, BPM. dan H, Berenschot. 1980. Benzinemotoren. Vam-Voorschoten. Terjemahan Sukrisno, U. 1980. Motor Bensin. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. 2010. Teknik konversi energi. Cetakan Pertama. Bandung: Satu Nusa.

Heywood, J, B. 1988. Internal combustion engine fundamental. New York.: McGraw-Hill.

Hidayat, W. 2012. Motor Bensin Modern. Cetakan Pertama. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunjam, R, K., P, K, Sen. dan G, Sahu. 2015. A Study On Advance Electronic Fuel Injection System. International Journal of scientific Research and Management (IJSRM) 3(10): 3608-3613.

Kurniawan, 2018. Analisis Pengaruh Penggunaan Injector Terhadap Unjuk Kerja Honda Beat FI, Jurnal Teknik Mesin Vol 5, No 2, Universitas Bandar Lampung Indonesia, Bandar Lampung, 27-30.

Nugraha, B, S. 2007. Aplikasi Teknologi Injeksi Bahan Bakar Elektronik (EFI) Untuk Mengurangi Emisi Gas Buang Sepeda Motor. Jurnal Ilmiah Populer dan Teknologi Terapan. 5 (2): 692-706.

Soenarto, N. dan S, Furuhama. 2007. Motor Serba Guna. Cetakan keempat. Jakarta: Pradnya Paramita.

Suryakhant, S., D, Mohankumar., B, Suresh., P, Amudabharathi., G, Thulasiraman., R, Rajapandian., Nadeem., Abrar., dan P, Naveenchandran. 2015. Fabrication Of Electronic Assist Fuel Injection System In Two Stroke Engine. International Journal Of Innovative Research In Science, Engineering And Technology. 4(4): 2442-2448.

Tim Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta, 2004, Pemeliharaan/Servis Sistem Bahan Bakar Bensin. Departemen Pendidikan Nasional.

https://moladin.com/blog/pengertian-motor-4-tak/

https://www.astra-honda.com/article/ketahui-fitur-pgm-fi-pada-sepeda-motor-honda

https://www.google.com/search/fungsi-ecu-pada-injeksi.html




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6020

Article Metrics

Abstract - 167 PDF - 71

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6020.g3145

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

google-graduation-520x245-ok


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)

Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Jalan Perintis Kemerdekaan I Babakan No.33,

Kota Tangerang, Banten 15118

Email: lppm.umt@umt.ac.id

 


Simposium Nasional Mulitidisiplin (SinaMu) is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-SA 4.0 .  e-ISSN   2714-5603