Analisis dan Perancangan Aplikasi Absensi Karyawan Dengan Teknologi QR Code Berbasis Android Pada UD Sejahtera

rohmat taufiq, Alfian Sholahudin, Tuti Handayani

Abstract


Absensi kehadiran merupakan bagian peranan penting dalam setiap instansi pekerjaan. Dimana absensi merupakan salah satu penunjang utama yang dapat mendukung dan memotivasi setiap kegiatan pekerjaan yang dilakukan di dalamnya. saat ini menjalankan sistem absensi dengan menggunakan absensi manual yaitu dengan menggunakan kertas dapat mengakibatkan timbul beberapa kesalahan baik dari pihak perusahaan ataupun karyawan tersebut, seperti tidak efektifnya karena menggunakan kertas, lupa isi absen, tidak terdata pada saat pelaporan dalam satu bulan, atau kertas yang digunakan hilang. Juga bisa menyebabkan kecerobohan bagi karyawan karena resiko absen saat menggunakan absensi manual (kertas) yang menyebabkan manipulasi data absen.  Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode SIPOC dan menggunakan pemodelan Unified Modelling Language (UML). Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi sistem informasi absensi karyawan dengan menggunakan android yang sudah dilakukan uji coba sebelumnya. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa sistem yang sudah dibangun dapat mencetak laporan kegiatan absensi seperti jam masuk pegawai, jam keluar karyawan dan hasil rekapan laporan perbulan dari semua data presensi pegawai setiap bulannya.


Full Text:

PDF

References


Bay Haqi, M. K., & Heri, S.S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Jakarta: PT Alex Media Komputindo, Jakarta.

Huda, I.A. (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 2. No. 1. Hal: 121-125.

Kasemin, H.K. (2016). Agresi Perkembangan Teknologi Informasi. Prenada Media.

Mulyani, S. (2017). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung: Abdi Sistematika.

Pertiwi, D.D & Taufiq, R. (2020). “Analisis dan Desain Sistem Informasi Pengolahan Nilai Siswa di SMK Avicena Rajeg”, J. Tek. Inform. Univ. Muhammadiyah Tangerang. ISSN: 2549-0710.

Rusdi, N & Sayuti, A.M. (2018). Perancangan Mesin-Mesin Industri. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, Y.P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Penjualan Dan Persediaan Di Kota Prabumulih. Jurnal Sistem Informasi Dan Komputerisasi Akuntansi (JSK), 1(1), 81–88.

Sugiantoro & Hasan. (2015). Pengembangan QR Code Scanner Berbasis Android Untuk Sistem Informasi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Telematika. Vol. 12. No. 2. 134-145.

Subiantoro & Sardiarinto (2018). Perancangan Sistem Absensi Pegawai Berbasis WEB. Studi kasus: Kantor Kecamatan Purwodadi. Jurnal SWABUMI. Vol. 6. No. 2. Hal:184-189.

Syani, M & Werstantia. (2018). Perancangan Aplikasi Pemesanan Catering Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Ilmu dan Teknologi Rekayasa. Vol. 1, No. 2, September 2018. Hal 86-95.

Taufiq, R & Sari, H.P. (2019). Rancang Bangun Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Menggunakan Metode Ruzzy Tsukamoto. Jurnal Teknik: Universitas Muhammadiyah Tangerang, Vol. 8, No. 1, Tahun 2019: hal: 6-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6053

Article Metrics

Abstract - 3744 PDF - 1912

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v3i0.6053.g3164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats