TEKNIK FOTOGRAFI UNTUK PROMOSI PRODUK UMKM KELURAHAN SANGIANG JAYA KOTA TANGERANG

Fauyhi Eko Nugroho, Syepry Maulana Husain, Muhamad Luthfi Aksani, Lukman Azhari

Abstract


Pandemi covid 19 yang menyebar di Indonesia berdampak pemberlakuan pembatasan ketat mulai dari produksii, distribusi dan pemasaran pada UMKM. UMKM harus mengurangi produksi yang mengakibatkan penjualan menurun dan mengakibatkan kerugian. Salah sarau cara UMKM untuk bangkit dalam masa pandemik ini dengan cara memanfaat teknologi, Seperti market place dan media social. Artikel ini dibuat untuk kegiatan pengabdian masyarakat tentang masalah UMKM dan persiapan penggunaan ecommerce yang dilaksanakan dalam bentuk seminar foto produk pada forum UMKM kelurahan sangiang jaya. Metode yang digunakan dalam seminar ini adalah presentasi dan memberikan contoh untuk memberikan pemahaman tentang hal-hal yang berkaitan dengan foto produk serta dasar dasar editing untuk pemasaran on line. Di akhir seminar, harapannya pelaku UMKM mampu menghasilkan tampilan visual foto produk yang dapat menarik konsumen untuk sehingga penilaian kualitas produk diharapkan akan meningkat.

Kata Kunci: UMKM, ecommerce, foto

The COVID-19 pandemic that spreads in Indonesia has resulted in the imposition of strict restrictions ranging from production, distribution and marketing to UMKM. UMKM must reduce production which results in decreased sales and results in losses. One of the ways for UMKM to rise during this pandemic is by utilizing technology, such as market places and social media. This article was created for community service activities regarding UMKM issues and preparation for the use of e-commerce which was carried out in the form of a product photo seminar at the Sangiang Jaya village MSME forum. The method used in this seminar is presentation and giving examples to provide an understanding of things related to product photos as well as the basics of editing for online marketing. At the end of the seminar, it is hoped that UMKM actors will be able to produce a visual display of product photos that can attract consumers so that product quality assessments are expected to increase.

Keywords: UMKM, e-commerce, photo


Full Text:

PDF

References


Djatmiko, A., & Pudyastiwi, E. (2020). Hambatan dan Tantangan Usaha Mikro, KeciI dan Menengah (UMKM) lndonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid-l9. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 8(3), 117–123.

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1), 89–98. https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Keish, Nick. 2015. Photographing Your Life with Your Smartphone (ebook). Nick Keish for FOREVER. www.howtophotographyourlife.com

Rohmatun, Meily. (2021). Foto Produk Bermodalkan HP untuk Jualan Online. https://www.hipwee.com/tips/10-trik-foto-produk-bermodalkan-hp-untuk-jualan-online-nggak-perlu-bayar-fotografer-profesional/




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i0.6103

Article Metrics

Abstract - 156 PDF - 241

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i0.6103.g3978

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats