ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA KOTA TANGERANG

Aris Setyanto, Arya Saputra, Farhan Bahar

Abstract


Tujuan dari peneliti ini untuk mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Strategi pemasaran sangat penting dalam suatu perusahaan untuk menentukan target pasar dan dilihat dari bauran pemasaran perusahaan menerapakan juga strategi segementasi, targetting danpositioning dengan benar dan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis untuk mengetahui strategi apa yang digunakan Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Jenis data dalam penelitian ini adalahdata kualitatif. Sedangkan untuk sumber data terdiri dari data primer dan data skunder. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Toko Buku Gramedia kota Tangerang menerapkan strategi yang baik dalam mempertahankan bisnisnya. Seperti jaringan yang luas dan nyaman kualitas buku yang baik dan lain Toko Buku Gramedia kota Tangerang. Sedangkan faktor pendukung strategi pemasaran di Gramedia adalah manajemen yang baik, pelayanan yang maksimal dan karyawan berintigritas. Meskipun juga terdapat faktor penghambat terkait adanya keterlambatan pendistribusian produk dan kekurangan karyawan. Namun faktor penghambat tersebut dapat di atasi dengan cara pihak perusahaan selalu memperkuat jaringan kemitraan terutama dengan para penerbit

Kata Kunci: Strategi Pemasaran ,Penjualan, Gramedia Abstract

The purpose of this study was to determine the analysis of marketing strategies in increasing sales at Gramedia Bookstore, Tangerang City. For a company, marketing strategy is very important to determine the target market. Seen from the marketing mix, the companyalso applies the correct and proper segmentation, targeting and positioning strategy. This study uses a descriptive qualitative analysis approach to find out what strategies are used by the Gramedia Bookstore of the City of Tangerang. The type of data in this study is qualitative data. Data sources consist of primary and secondary sources. Data collection is done by observation, interview, and documentation. The results showed Gramedia Bookstore, Tangerang City implemented a good strategy in maintaining its business. The strategy includes a wide and comfortable network, and good quality books. Factors supporting the Gramedia Bookstore marketing strategy are good management, maximum service, and employees with integrity. The inhibiting factors are related to delays in product distribution and employee shortages. But the company can overcome these obstacles by strengthening the partnership network, especially with the publishers.

Keywords: strategy, marketing, sales, target market


Full Text:

PDF

References


Basu, Swastha dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Cetakan Kelima.

Yogyakarta:Liberty.

Basu, Swasta. 2009. Manajemen Penjualan. Yogyakarta: BPFE

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik,

dan IlmuSosial Lainnya. Jakarta: Kencana Pranada Media Grup.

David, A 2005. Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra

Utama.Griffin, R. W. (2004). Manajemen Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. 2013. Marketing Cetakan Pertama. Yogyakarta: Media Pressdindo.Hartimbul

Ginting,Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya.

Ikapi. 2015, Industri Penerbit Buku Indonesia: Dalam Data dan Fakta, Kapi. J.C.T.

Simorangkir,1973, Hak Cipta, Djamban, Bandung.

Kamarudin. 2017. Strategi pemasaran terhadap peningkatan volume penjualan gas elpiji

perspektif ekonomi Islam. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomidan Bisnis

Islam. Universitas Islam Negri Alauddin. Makasssar.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary 2014. Principles of Marketin. 12 th Edition, Jilid 1

TerjemahanBob Sabran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Keller. 2006. Manajemen Pemasaran, Edisi 12 jilid 1, Terjemahan (Molan

Benyamin).

Indonesia: PT Indeks.

Kotler, Gray dan Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa

Alexender Sindoro dan Beyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Mawardi, M Kholid. Yosuan Haloman Lulando siregar. Sunarti. 2017. Analisis Strategi

PemasaranUntukMeningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Study Pada PT. Prima

Coal). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas

Brawijaya. Malang.

Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated

Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Frenddy. (2006). Analisis SWOT tenik membelah kasus bisnis. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Rim, Bambang T dan Deden Supandi. 2015. Industri Penerbitan Buku Indonesia dalam

Data danFakta. Jakarta: Ikatan Penerbit Indonesia.

Stanton, William J. 1986. Prinsip pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7876

Article Metrics

Abstract - 1737 PDF - 1857

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7876.g3916

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats