ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PRODUK PADA HIJAB CHIC SQUARE

Anisa Sekar Langit Ariescha Putri, Pia Apriani Tanjung, Usnul Hotimah, Muljadi Muljadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada Produk Hijab Chic Square khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Strategi pemasaran merupakan proses perencanaan perusahaan dalamm memasarkan dan memperkanalkan produk ataupun jasa yang ditawarkan kepada konsumen untuk mencapai suatu tujuan dengan segala resiko yang akan di hadapi. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke Offline Store Chic Square untuk melakukan wawancara pribadi dengan Owner Utama dan dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada strategi pemasaran Chic Square adalah perusahaan telah menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat dan pada perhitungan analisis SWOT yang dituangkan pada diagram cartesius proderma berada di posisi kuadran 1 yaitu Growth. Yang mana perusahaan dapat mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produk Chic Square. Meskipun dari sisi produk pada marketing mix nya. Tetapi dalam sisi kegiatan proses pemasaran nya perusahaan jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan.

Kata kunci : Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Analisis SWOT.

This study aims to analyze the marketing strategy for Hijab Chic Square products, especially the marketing mix applied by the company.Marketing strategy is a company planning process in marketing and introducing products or services offered to consumers to achieve a goal with all the risks that will be faced. Then to find out the results of the analysis of Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats as well as an overview of the strategies so that they can be applied to increase product sales. By using the SWOT research technique. This research uses a qualitative method, namely a case study that produces descriptive data set forth in words. The data collection technique in this study is the author made a direct visit to the Chic Square Offline Store to conduct personal interviews with the Main Owner and is equipped with sales data for the past few years. The conclusion from the analysis carried out on the Chic Square marketing strategy is that the company has carried out the marketing strategy correctly and correctly and the SWOT analysis calculations as outlined in the Cartesius Proderma diagram are in quadrant 1, namely Growth. Which companies can develop, maintain and improve product quality so that people continue to believe in Chic Square products. Even from a product standpoint in the marketing mix. But in terms of the activities of the marketing process, the company is honest with what is offered and not exaggerating.

Keywords : Marketing Strategy, Marketing Mix, SWOT Analysis


Full Text:

PDF

References


Basu Swastha, Manajemen Pemasaran, Jakata : Liberty, Edisi 2, 2002.

Basu Swastha, Manajemen Pemasaran, Jakarta : Liberty, Edisi 8, 2007.

Dian Azmi Fadhilah, Tami Pratiwi (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui

Penerapan Digital Marketing (Studi Kasus pada Kelompok Usaha “Kremes Ubi” di Desa

Cibunar, Kecamatan Rancakalong, Sumedang). Jurnal Ilmiah Manajemen (E-ISSN :

-4978, P-ISSN: 2086-4620) Vol XII No.1, Maret 2021 diakses dari

https://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/279/151

Ginting. Nembah F. Hartimbul, Manajemen Pemasaran, Bandung : Yrama Widya, 2011.

Gitosudarmo. Indriyo, Manajemen Pemasaran, Edisi II BPFE, Yogyakarta, 2001.

Dedi Irawan (2019) Analisis Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan

menurut Perspektif Ekonomi Islam ( Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung )

Afriyanto (2020) Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan PADA PT.

Unilever Indonesia, Tbk

Rizal Herdi Perdiana dkk (202) Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan

Volume Penjualan Mie Ayam Mang Nana

Irfan Zevi, (2018). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk

Pada PT. Proderma Suksen Mandiri. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Jakarta) diakses dari https: //repository.uinjkt.ac.id/dspace /bitstream /123456789

/37992/1/IRFAN%20ZEVI-FEB.pdf

Kasmir, Pemasaran Bank, Jakarta : Kencana, 2010.

Kasmir dan Jakpar, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta : Prenada Media, 2003.

Kotler.Philip dan Armstong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta : Erlangga, Edisi 2, Jilid 1,

Kotler.Philip dan Gray Armstrong, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta :PT.Indeks, Edisi 9,

Kotler. Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1,

Erlangga, 2008, hlm.5.

Kotler.Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta : PT.Indeks Gramedia, Jilid 1 dan 2, Edisi

ke 11, 2006.

Siti Khodijah, Smart Strategy Of Marketing ALFABETA, Bandung, 2004.

Sunarto, Manajemen Pemasaran, Yogyakarata : AMUS, 2004.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7885

Article Metrics

Abstract - 1130 PDF - 2617

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7885.g3925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats