ANALISIS PERSONAL SELLING DI ERA PANDEMI PADA TOYOTA AUTO2000 CILANDAK JAKARTA SELATAN

Erdin Febriansyah Chaniago, Christian Kuswibowo Kuswibowo

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Personal Selling di Era Pandemi Pada Toyota Auto2000 Cilandak Jakarta Selatan dan mengetahui hambatan yang ditemui dalam Personal Selling pada masa pandemi di Toyota Auto2000 Cabang Cilandak Jakarta Selatan. Penelitian ini bersifat kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer diperoleh melalui hasil pengamatan lapangan menggunakan wawancara. Data sekunder diperoleh melalui literatur buku, data internal perusahaan, data dari internet, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa akibat pandemi Covid-19 terdapat proses kerja personal selling pada Auto2000 harus mengalami perubahan, dari yang awalnya door to door kini menjadi virtual. Tenaga penjual harus memberikan inovasi – inovasi baru dan menarik serta kreativitas yang tinggi agar calon penjual tetap melakukan pembelian kendaraan pada cabang Auto2000 Cilandak ini. Selain itu, perusahaan sebaiknya untuk menghindari hal serupa akan terjadi lagi maka sebaiknya perusahaan harus mempersiapkan mitigasi risiko, penting bagi perusahaan untuk mempersiapkan hal tersebut agar jika sewaktu – waktu hal ini akan terjadi lagi. Namun demikian penelitian masih memiliki keterbatasan, sehingga perlu dilakukan penelitian berikutnya yang lebih dalam dan memperkaya ilmu pengetahuan tentang personal selling yang lebih intensif, efektif dan efisien.
Kata Kunci: Personal Selling, Pandemi Covid 19, Auto2000


Abstract
This study aims to determine Personal Selling in the Pandemic Era at the Toyota Auto2000 Cilandak, South Jakarta and to find out the obstacles encountered in Personal Selling during the pandemic at the Toyota Auto2000 Cilandak Branch, South Jakarta. This research is qualitative in nature. The data source used in this research is primary data obtained through field observations using interviews. Secondary data was obtained through book literature, company internal data, data from the internet, and literature study. Based on the results of this study, due to the Covid-19 pandemic, the personal selling work process at Auto2000 had to change, from what was originally door to door, now it has become virtual. Salespeople must provide new and interesting innovations as well as high creativity so that prospective sellers continue to purchase vehicles at this Auto2000 Cilandak branch. In addition, companies should avoid similar things from happening again, so companies should prepare risk mitigation, it is important for companies to prepare for this so that at any time this will happen again. However, the research still has limitations, so it is necessary to carry out further research that is deeper and enriches the knowledge of personal selling more intensive, effective and efficient.
Keywords: Personal Selling, Covid 19 pandemic, Auto2000


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Andriansah, R. N., Parmariza, Y., & Kuswibowo, C. (2022). PENGARUH KEWAJARAN HARGA, DESAIN PRODUK DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP NIAT MEMBELI HONDA PCX. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(3), 384-392.

Assauri. (2013). Manajemen Pemasaran. Rajawali Pers, Jakarta.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2017) Marketing Management -15/E. Essex, England: Pearson Education.

Kuswibowo, C., & Darmawan, C. Y. (2022). ANALISA PROMOTION STRATEGY DAN ENGAGEMENT AKUN INSTAGRAM PADA HOTEL NEW AYUDA BOGOR. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 17(1), 74-84

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhtar, (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, GP. Press Group, Jakarta.

Noor, Juliansyah, (2011) Metode Penelitian, Skripsi, Tesis, Disertasi, Dan Karya Ilmiah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nursari, R., Herlina, R. (2020). Strategi Personal Selling Wiraniaga Fujifilm Cabang Bandung Di Masa Pandemi Covid-19. SENGKUNI Journal- Social Sciences and Humanities,

Rangkuti, Freddy. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Schiffman, l.G. dan Kanuk, Leslie L., (2014) Consumer Behavior. 8th edition. New Jersey: Prentice Hall.

Siagian, Valentine. (2020). Customer Expectation and Customer Satisfaction: Reviewing Service Quality of UBER. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, Vol 6 No. 2, 209-217.

Soo Ho, Choi. (2018). Impact On Customer Trust And Customer Satisfaction According To The Logistics Service Quality Of Home Shopping, International Journal of Pure and Applied Mathematics, Volume 118 No. 19 2018, 277-289.

Stanton, W. J. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Buku Seru.

Sufiyanor dan Mulyana. (2009). Analisis Dampak Service Performance dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen, Vol. 6, No.1 Hal 73-81

Sugiyono. (2018) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Liberty

Tengku Firli Musfar, S. M. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa : Prinsip, Penerapan, Penelitian . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2011). Manajemen & Strategi Merk. Jakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7895

Article Metrics

Abstract - 275 PDF - 344

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7895.g3935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License


View MyStats