ANALISIS RENCANA ANGGARAN BIAYA PADA PEMELIHARAAN JALAN (Studi Kasus Jalan Prabu Kiansantang, Kota Tangerang)
Abstract
Abstrak
Jalan raya merupakan prasarana transportasi yang mempunyai pengaruh besar terhadap perkembangan sosial ekonomi masyarakat. Dengan berkembang nya teknologi dan mobilisasi, masyarakat tidak hanya melakukan aktivitas perekonomian yang menimbulkan kebutuhan akan kendaraan sangat tinggi. Hal ini menyebabkan kepadatan jalan raya meningkat dan berdampak pada terjadinya kecelakaan lalu lintas dan kerusakan jalan yang banyak terjadi. Awal kerusakan jalan umumnya terjadi akibat beban kendaraan pada alur alur roda terjadi tekuk searah memanjang, membuat permukaan jalan mengalami keretakan. Perlahan kerusakan meningkat menjadi kerusakan retak kulit buaya. Curah hujan yang tinggi menyebabkan kerusakan jalan bertambah, akibat genangan air sehingga perekat aspal lama kelamaan akan renggang dan menyebabkan pelepasan butiran. Maka dari itu harus di lakukan pemeliharaan secara memadahi. Agar mengetahui jenis kerusakan apa saja yang ada pada ruas jalan prabu kiansantang, volume dan persentase kerusakan jalan tersebut, serta estimasi rencana anggaran biaya untuk pemebliharaan jalan tersebut. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif penelitian ini memperoleh hasil bahwa ruas jalan prabu kiansantang mengalami keruskan lubang – lubang, bleeding dan retakan. Volume kerusakan total yaitu 53,357 m3 sedangkan presentase total kerusakan yang terjadi dijalan prabu kiansantang adalah 3,98%. Dan berdasarkan hasil perhitungan RAB untuk pemeliharaan ruas jalan prabu kiansantang berjumlah Rp 667.959.662.
Kata Kunci: Kerusakan Jalan, RAB, Pemeliharaan Jalan
Abstract
The highway is a transportation infrastructure that has a major influence on the socio-economic development of society. With the development of technology and mobilization, the community does not only carry out economic activities that generate a very high demand for vehicles. This causes road density to increase and has an impact on the occurrence of traffic accidents and road damage which occurs a lot. Initial road damage generally occurs due to vehicle loads on the wheel grooves, buckling occurs in the longitudinal direction, causing the road surface to crack. Slowly the damage escalated to cracking alligator skin damage. High rainfall causes additional road damage, due to standing water so that the asphalt adhesive will stretch over time and cause the release of granules. Therefore, maintenance must be carried out adequately. In order to find out what types of damage there are on the Prabu Kiansantang road section, the volume and percentage of damage to the road, as well as an estimated budget plan for maintaining the road. By using a quantitative descriptive method, this study obtained the result that the Prabu Kiansantang road section experienced damage, holes, bleeding and cracks. The total volume of damage was 53.357 m3 while the percentage of total damage that occurred on Jalan Prabu Kiansantang was 3.98%. And based on the results of the RAB calculation for the maintenance of the Prabu Kiansantang road section, it amounts to IDR 667,959,662.
Keywords: Road Demage, cost estimation, road’s maintance
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA (Heading 1)
Andriansyah, P. Pratomo, and H. Ali, “Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pelebaran Jalan. Jurmateks vol 2 no 2 tahun 2019.
Hermawan Adi Handoyo. Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perkotaan Kabupaten Wonosobo). Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.M. Thahir Azikin. 2018. Anlisa Teknis Perbaikan Perkerasan Lentur pada ruas jalan haluoleo di kota kendari. Jurnal Stabilita Vol 6 No.2 (Juni 2018).
Manarug. Penjelasan tentang perkerasan kaku pada jalan. (Jurnal infrastruktur vol 3 no 1 2018).
Peraturan daerah kota tangerang, Nomer 6 tahun 201
Peraturan Mentri PUPR No 1 Tahun 2022.
Perwal Kota Tangerang Nomer 63 Tahun 2021
Sobhan, M. Afriansyah. Analisis Kondisi Permukaan Jalan dan Estimasi Biaya Pekerjaan Pada Ruas Jalan Pasar Kemis-Rajeg STA 0+000 s/d STA 4+900 dengan Metode Bina Marga. 2020. UMT
Suryawan, A. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Yogyakarta: Beta Offset, Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Sipil.
DOI: http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7898
Article Metrics
Abstract - 654 PDF - 898DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7898.g3938
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Simposium Nasional Multidisiplin (SinaMu) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .