NALISA PENEMPATAN U-TURN TERHADAP PELAYANAN JALAN (STUDI KASUS : U-TURN JALAN MH TAHMRIN KOTA TANGERANG)

Indira Muthia Andreyanato, Siti Abadiyah

Abstract


Pergerakan lalu lintas pada perkotaan memiliki pergerakan yang berbeda, sehingga menimbulkan permasalahan lalu lintas. Salah satu usaha untuk mengurangi permasalahan tersebut adalah dengan dibuatnya median jalan yang biasanya dilengkapi bukaan atau fasilitas U-Turn. Dalam kasus U-Turn pada Jalan MH Thamrin Kota Tangerang, kemacetan lalu lintas disebabkan oleh kendaraan yang mengalami perlambatan pergerakan terhadap kendaraan lain yang tidak melakukan putaran balik pada jalur searah. Metode yang digunakan untuk mendapatkaan data penelitian yaitu survei lapangan dan pendokumentasian. Survei penelitian ini dilakukan selama 7 hari dengan masing-masing hari 6 jam yaitu pagi, siang dan sore. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata waktu tempuh yang dibutuhkan kendaraan saat melakukan U-Turn untuk mobil penumpang (MP) yaitu 19.99 detik, untuk kendaraan sedang (KS) yaitu 33.53 detik dan untuk kendaraan sepeda motor (SM) yaitu 5.31 detik. Sedangkan untuk panjang antrean terpanjang kendaraan saat melakukan U-Turn yaitu 58.40 meter. Untuk penempatan U-Turn pada ruas Jalan MH Thamrin tersebut tidak berpengaruh. Karena dari hasil perhitungan derajat kejenuhan yaitu menunjukkan tingkat pelayanan jalan kelas C, dimana pada ruas Jalan MH Thamrin memiliki arus lalu lintas yang stabil


Full Text:

PDF

References


Amanatullah, S., (2022), Analisis Efektifitas Simpang U-Turn Pada Jl. Letjen Suprapto Menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (Studi Kasus: U-Turn SP Plaza Batam), Jurnal Proyek Teknik Sipil, Vol 6 (1), 2022, 1-11.

Annisa, U., (2018), Pengaruh Gerak U-Turn Pada Bukaan Median Terhadap Karakteristik Arus lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Medan, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil FT UMSU, Sumatera Utara.

Aryo, B.S., (2022) Pengaruh Bukaan Median (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: Ruas Jalan Janti-Prambanan KM 6+600 – 6+900), Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil FT UII, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik – BPS Kota Tangerang – Selasa, 15 Maret 2023 - https://tangerangkota.bps.go.id/.

Bama, R., (2022), Analisa Pengaruh U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan Letjen Hertasing (Dekat Kantor PT.PP PERSERO) Kota Makassar dan Ruas Jalan Tun Abdul Rzak (Dekat Toko Satu Sama ) Kabupaten Gowa, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil FT UBM, Makassar.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Pedoman Perencanaan Putaran Balik (U-Turn), No:06/BM/2005. Jakarta : Direktorat Jenral Bina Marga.

Direktorat Jendral Bina Marga, (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga

Direktorat Jendral Bina Marga, (2023). Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Jakarta : Direktorat Jenderal Bina Marga.

Wikipedia – Kota Tangerang – Kamis, 10 Agustus 2023 - https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Tangerang.

Wilson, R.S., (2022), Analisis Pengaruh Putaran Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas (Studi Kasus : Jalan Sumantri Brojonegoro Kota Jambi), Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Kimia Dan Lingkungan, UJ, Jambi.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v5i2.10023

Article Metrics

Abstract - 100 PDF - 93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------