ANALISIS PERBANDINGAN STABILITAS RETAINING WALL DENGAN PERKUATAN DAN TANPA PERKUATAN PADA REST AREA KM 456 TOL SEMARANG-SOLO

Alan Crespo, Sugeng Purwanto

Abstract



 Didasari oleh pentingnya kebutuhan akan konstruksi Rest area, saya mengambil studi kasus tentang pembangunan rest area pada proyek rest area km 456 Semarang-Solo dengan konsentrasi khusus pada dinding penahan tanah dengan tipe Mechanically Stabllized Earth (MSE) sistem Geoframe. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana penelitian ini lebih berfokus pada analisa stabilitas dinding penahan tanah dengan tipe Mechanically Stabillized Earth (MSE) sistem geoframe dengan data berupa hasil boring log dan cone penetration test (CPT) yang kemudian data tersebut disimpulkan menjadi sebuah properti material tanah sebagai parameter untuk melakukan simulasi numerik. Hasil analisis perbandingan penurunan tanah pada dinding penahan tanah yang diberi perkuatan dan tidak diberi perkuatan geotekstil bahwa penurunan tanah pada lereng lebih besar terjadi pada dinding penahan tanah tanpa diberi perkuatan geotekstil dengan nilai 0,08 m dibandingkan dengan yang diberi perkuatan geotekstil dengan nilai 0,07 m. Hasil analisis perbandingan safety factor pada dinding penahan tanah yang diberi perkuatan didapatkan hasil sebesar 2,3302 sedangkan dinding penahan tanah yang tidak diberi perkuatan geotekstil didapatkan hasil sebesar 1,2123

Kata kunci: Geotekstil, Mechanically Stabillized Earth (MSE), Retaining Wall 


Full Text:

PDF

References


Kharisma, H. I. 2020, “Analisa Stabilitas Lereng Menggunakan Geotekstil Dengan Program Plaxis”. Skripsi, Fakultas Teknik, Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Yogyakarta.

Murti, A. W. 2023, “Analisis Perbandingan Alternatif Perkuatan Stabilitas Lereng Pada Rest area Jalan Tol Semarang-Solo (Studi Kasus Rest area Km.456)”. Tesis, Program Pasca Sarjana Teknik Sipil, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Semarang.

Rahmi, A. 2023 “Analisis Perkuatan Tanah Menggunakan Mechanically Stabilized Earth (MSE) Wall Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Ruas Pekanbaru-Padang”. Skripsi, fakultas teknik, Universitas Medan Area, Medan.

Soedarmo, G. D., dan Purnomo, E. 1997, Mekanika Tanah 1. Kanisius : Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v6i2.12921

Article Metrics

Abstract - 5 PDF - 6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------