PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN KAKU (RIGID PAVEMENT) PADA JALAN DESA KONDANGJAYA, PANDEGLANG – BANTEN

Sugeng Purwanto, Jeply Murdiaman Guci, Nindi Handayani Putri

Abstract


Jalan desa atau Country Lane merupakan sebuah jalan raya sempit di daerah desa yang dibangun sebagai jalan satu lajur tetapi karena semakin banyaknya pertumbuhan penduduk di desa ini diperlukan jalan desa yang dibangun sebagai jalan dua lajur untuk menampung kapasitas kendaraan yang lebih tinggi. Oleh karena itu jalan di desa Kondangjaya ini harus direncanakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang ada. Maka dengan didapatnya data mulai dari tingkat pertumbuhan lalu-lintas tahunan, beban sumbu standar kumulatif, penentuan tipe perkerasan dan juga data pendukung lainnya. Direncanakan umur rencana selama 40 tahun, maka direncanakan tebal perkerasan jalan menggunakan jalan kaku atau rigid. Kemudian dilakukan perhitungan dengan penentuan parameter yang akan didapat hasil tebal perkerasan kaku untuk jalan di desa Kondangjaya.  Perencanaan perkerasan kaku ini mengacu pada pedoman Manual Desain Perkerasan Kaku 2017. Dalam rancangan tebal perkerasan kaku jalan Desa Kondangjaya – Pandeglang, menggunakan Tebal pelat beton 180 mm, dengan ukuran panjang dowel 450 mm, diameter dan jarak dowel Ø25 mm – 300 mm, serta pelat memanjang dan melintang menggunakan ukuran Ø8 mm – 200 mm, dan menggunakan panjang tie bar 700 mm, diameter dan jarak tie bar D16 – 1020 mm didapatkan dari hasil perhitungan yang mengacu pada Manual Desain Perkerasan Kaku 2017 dengan mempertimbangkan kondisi dari jalan Desa Kondangjaya yang memiliki drainase yang buruk. Oleh karena itu perkerasan kaku lebih tepat digunakan untuk jalan Desa Kondangjaya.

Kata Kunci : Jalan, Desa Kondangjaya, Konstruksi Perkerasan Kaku



Full Text:

PDF

References


Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Semen Beton Metode SNI 2003 Pd T-14-2003. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, 2003.

Arthur, W., Peter, S., Kendrick., Roy, A., Malcom, C., Proyek Jalan Teori & Praktek, Edisi Keempat. Ciracas, Jakarta : Penerbit Erlangga, 2004.

H. C. Hardiyatmo, Perancangan Perkerasan Jalan & Penyelidikan Tanah. Cetakan Pertama, Yogyakarta : Gadjah Mada University Press, 2011.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Bina Marga, PerkerasanJalan (Revisi Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017. Jakarta: Kementrian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat, 2017.

Fajar Prasetyo Hadi, “Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Jalan Tol JORR II Kunciran-Serpong STA.46+500 – STA.47+500, Kota Tangerang Selatan. 2019

Ummi Khairiyah, Hermansyah, Dedy. “Perencanaan Perkerasan Kaku Jalan Ekisting Lenanggular – Lunyuk STA 04 – STA 06” Universitas Teknologi Sumbawa.2021.

Cornelia, B, 2003. Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Dalam Kaitannya Terhadap Waktu Dan Pelaksanaan Proyek Kontruksi. Denpasar : Unud.

Data Pembangunan Masjid Al – Istighfar. 2013. Sindang Panon.

Ervianto,W. I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Yogyakarta.

Harry, H. 1999. Manajemen Kontruksi (Perencanaan dan Pengendalian Proyek). ISTN, Jakarta.

Husen, A. 2010. Manajemen Proyek. Serpong.

Ir. Putu Darma Warsika, MM. 2017. Analisis Waktu dan Biaya Berdasarkan Analisa Produktivitas Tenaga Kerja Pada Proyek Pembangunan Konstruksi. Denpasar : Unud.

Santosa, Budi. 1997. Manajement Proyek. Edisi Pertama. PT Guna Widya : Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v1i2.6931

Article Metrics

Abstract - 289 PDF - 1296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------