EVALUASI PENJADWALAN WAKTU DAN BIAYA PROYEK JALAN TOL KUNCIRAN-SERPONG PT. WASKITA KARYA (persero) Tbk. DENGAN METODE PERT DAN CPM

Siti Abadiyah, Muhammad Ali Mu'min, Taufik Ismail Rinaldi

Abstract


Proses perencanaan hingga pengendalian proyek selama pelaksanaan pekerjaan kontruksi merupakan kegiatan paling penting dari suatu proyek. Keberhasilan atau kegagalan dari suatu proyek dapat disebabkan perencanaan yang tidak matang serta pengendalian yang kurang efektif, Sehingga kegiatan Proyek tidak efisien. Penjadwalan proyek membantu menunjukan hubungan setiap aktivitas dengan aktivitas lainnyadan terhadap keseluruhan proyek , mengidentifikasi hubungan yang harus didahulukan diangara aktivitas. CPM (Critical Path Method) membuat asumsi bahwa waktu aktivitas yang diketahui dengan pasti sehingga hanya diperlukan satu faktor waktu setiap aktivitas. PERT (Program Evaluation And Review Technique) menggunakan pendekatan probabilitas (Kemungkinan). Tujuan dari perencanaan ini adalah untuk mempermudah perumusan masalah Proyek, serta menentukan metode atau cara yang sesuai, agar kelancaran kegiatan lebih terorganisir, sehingga mendapatkan hasil akhir yang optimal. Dari hasil perhitungan perencanaan dengan menggunakan metode CPM yang digunakan peneliti didapat durasi 416 hari kerja dan biaya proyek dan dengan menggunakan metode PERT didapatkan hasil bahwa probabilitas keberhasilan selesainya proyek dengan durasi 408 hari hanya 0.19%. Dengan menggunakan metode PERT didapat bahwa dengan durasi penyelesaian proyek selama 431 – 432 hari memiliki probabilitas 98,38% - 99,09%. 

Kata kunci:  Metode PERT dan CPM , Penjadwalan PERT, Penjadwalan CPM, Waktu Dan Biya Proyek


Full Text:

PDF

References


Dino Caesaron, Andrey Thio (2015) Analisa Penjadwalan Waktu Dengan Metode Jalur Kritis Dan Pert Pada Proyek Pembangunan Ruko (JL. PASAR LAMA NO.20 GLODOK)

Ersan Evendi (2014) Pengendalian Waktu Dan Biaya Menggunakan Metode PERT Pada Proyek PLTU Tanjung Jati B Untit 3 Dan 4.

Mochammad Andhika (2017) Perencanaan Penjadwalan Proyek Pembangunan Rumah Susun Gorontalo.

Muhammad Rizki Ridho dan Syahrizal (2014) Evaluasi Penjadwalan Waktu Dan Biaya Proyek Dengan Metode PERT Dan CPM.

Muhanavami, Gusti Ayu. Perencanaan Waktu Pelaksanaan Proyek Dengan Metode PERT (Studi Kasus Graha Miracle Denpasar).

Sri Setiawati, Syahrizal dan Rezky Ariessa Dewi (2015) Penerapan Metode CPM dan PERT Pada Penjadwalan Proyek Kontruksi, Untuk Mengetahui Bagaimana Penerapan Metode CPM dan PERT.

Suharto, Imam (1999) Menejemen Proyek : Dari Konseptual Sampe Oprasional Proyek Erlangga, Jakarta

Suherman, Ade Aulia (2016) Pengendalian Waktu Proyek Dengan Menggunakan Metode Critical Chain Project Managemen (Ccpm) (Studi Kasus : Pembangunan Jalan SMK IT Payakumbuh)

Tommy Aro Telaumbanua, (2017) Perencanaan Waktu Penyelesaian Proyek Toko Modisland Manado Dengan Metode CPM.

Y. Djoko Setiarto (2014) Teknik Evaluasi Dan Review Proyek (PERT).

,http://journals.lww.com/acsm-msse/Abstract/1998/11001/paper_treatment_of_obesity.pdf.

Yusoff, M, Rahman, S., A., Mutalib, S., and Mohammed, A., 2006, Diagnosing Application Development for Skin Disease Using Back propagation Neural Network Technique, Journal of Information Technology, vol 18, hal 152-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v1i2.6934

Article Metrics

Abstract - 508 PDF - 513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------