EARNED VALUE ANALYSIS TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK TRANSPARK BINTARO DI PT. ADHI PERSADA GEDUNG

Basirun Basirun, Muhammad Abdul Rosyid, Narsiah Apriliani

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai biaya dan waktu dengan menggunakan Earned Value Analysis (EVA) pada proyek pembangunan Transpark Bintaro. Proyek Transpark Bintaro ini memiliki waktu rencana sekitar 26 bulan (780 hari) dengan biaya yang sudah terealisasi sebesar + Rp. 758.935.719.098, dengan adanya batasan waktu dan biaya maka diperlukan pengendalian yang baik dan matang, akan tetapi sebelum dikakukan pengendalian perlu diketahui terlebih dahulu mengenai kinerja proyek yang telah berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja biaya dan waktu serta estimasi biaya dan waktu pada akhir penyelesaian proyek Transpark Bintaro.

Metode Earned Value mamadukan unsur biaya dan waktu yang terjadi saat proyek berlangsung. Data yang didapatkan dari proyek antara lain time schedule, Rencana Anggaran Biaya (RAB), laporan bulanan dan biaya aktual, yang kemudian dilakukan analisis biaya, waktu, variasi serta indeks performansi dengan mamaparkan masalah yang muncul pada saat penelitian.

Dari hasil analisa diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan lebih tinggi dari biaya yang dianggarkan yang ditunjukan dengan nilai CPI = 0,631 dan waktu pelaksanaan lebih lambat dari yang direncanakan ditunjukan dengan nilai SPI = 0.6312. Hasil perhitungan perkiraan biaya proyek dengan metode Earned Value adalah sebesar Rp. 960.639.078.160 dan perkiraan waktu penyelesaian 33 bulan, menunjukan bahwa proyek mengalami keterlambatan 7 bulan dari 26 bulan yang direncanakan.

Kata kunci: EVA, Pengendalian Waktu, Time Schedule, Schedule Performance Index.


Full Text:

PDF

References


Ervianto, W, I., 2004. Teori Aplikasi Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Ervianto, W, I., 2007. Manajemen Proyek Konstruksi. Penerbit : Andi, Yogyakarta.

Indryani, M. I. (2015). Metode Earned Value untuk Analisa Kinerja Biaya dan Waktu

Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Condotel De Vasa Surabaya. Surabaya.

Mandiyo Priyo, K. F. (2015). Analisis Kinerja Biaya Dan Jadwal Terpadu Dengan Konsep Earned Value Method (Studi Kasus: Proyek Pembangunan Gedung). 106-121.

Prastyono, H. G. (2010). Earned Value Analysis Terhadap Biaya Pada Proyek Pembangunan Gedung (Studi kasus Proyek Pembangunan Gedung C Fakultas MIPA UNS). Surakarta.

Soeharto, Iman. 1997. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Penerbit

:Erlangga, Jakarta.

Susanto (2019). Evaluasi Kinerja Waktu dan Biaya Pada Proyek Bangunan Bertingkat Dengan Pendekatan Metode Earned Value (Studi Kasus : Proyek ABC di PT. X). Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil Universitas Indonesia, Depok.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v2i1.6989

Article Metrics

Abstract - 300 PDF - 208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------