METODE EARNED VALUE UNTUK ANALISA KINERJA BIAYA DAN WAKTU PELAKSANAAN PADA PROYEK OFFICE DAN SHOWROOM DAAN MOGOT

Brian Alfandi, Muahammad Ali Mu’min, Puthual Puthual

Abstract


Konsep nilai hasil (Earned value) merupakan salah satu alat yang digunakan dalam pengelolaan proyek yang mengintegrasikan biaya dan waktu. Konsep Earned Value menyajikan tiga dimensi, yaitu the percent complete, budgeted cost, dan actual cost. Serta apa yang didapatkan dari biaya yang sudah dikeluarkan atau yang disebut Earned Value. Dari ketiga dimensi tersebut, dengan konsep Earned Value, dapat dihubungkan dari perhitungan varian dari biaya dan waktu (Flemming dan Kompplman, 1994). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kinerja biaya dan waktu, estimasi biaya dan waktu pada akhir penyelesaian proyek. Metode yang digunakan ialah deskriptif kuantitatif, studi ini menggambarkan kondisi proyek tertentu dengan analisis data-data yang ada. Analisis data menggunakan Metode Earned Value yang didalamnya memadukan unsur biaya dan waktu. Dari hasil analisa diketahui bahwa biaya yang dikeluarkan lebih rendah dari biaya yang dianggarkan ditunjukkan dengan nilai CPI = 14,027 dan waktu pelaksanaan lebih lambat dari jadwal rencana ditunjukan dengan nilai SPI = 0,954 menunjukan bahwa proyek mengalami keterlambatan karna Nilai SPI kurang dari 1. Hasil perhitungan perkiraan biaya akhir proyek sebesar Rp 2,107,435,228 dengan perkiraan waktu penyelesaian 23 minggu, Hasil tersebut menunjukan proyek terlambat 42 minggu dari 65 minggu yang direncanakan.

Kata kunci: earned value, kinerja biaya & waktu


Full Text:

PDF

References


Flemming, Q.W., Koppelman, J.M. 1994. The Essense and Evolution of Earned Value, AACE Transactions.

Sipil, J. T., & Sipil, F. T. 2015. Metode Earned Value untuk Anslisa Kinerja Biaya dan Waktu Pelaksanaan pada Proyek Pembangunan Condetel De Vasa Surabaya.

Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2021. Paduan Tugas Akhit Program Studi Teknik Sipil. Tangerang: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v2i1.6991

Article Metrics

Abstract - 261 PDF - 223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------