ANALISA PERBANDINGAN WAKTU PENJADWALAN PROYEK DENGAN METODE CPM (CRITICAL PATH METHOD) DAN PERT (PROGRAM EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE)

Siti Abadiyah, Muhammad Ali Mu’min, Teguh Dwi Julianto

Abstract


Industri konstruksi memiliki karakteristik yang berbeda dari proyek konstruksi satu dengan proyek konstruksi yang lainnya. Karakteristik inilah yang akan berpengaruh kepada progres pekerjaan pelaksanaan di lapangan, maka dari itu dibutuhkan manajemen proyek yang baik agar tercapainya sasaran tujuan proyek tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu untuk mencari perbedaan atau perbandingan waktu pelaksanaan pekerjaan proyek ware House PT. Mitra Pack Tangerang dengan menggunakan metode jalur kritis atau CPM (Critical Path Method) dan PERT (Program Evaluation Review Technique). Kesimpulan dari pengolahan data di atas diperoleh hasil bahwa menurut perhitungan berdasarkan metode CPM diperoleh waktu pengerjaan proyek selama 245 hari sedangkan hasil berdasarkan perhitungan dengan metode PERT diperoleh waktu pengerjaan proyek selama 236 hari.

Kata kunci: Manajemen Proyek, Critical Path Method (CPM), Program Evaluation Review Technique (PERT).


Full Text:

PDF

References


Ariesa, D. R.. dkk. Penerapan Metode CPM dan PERT pada Penjadwalan Proyek Konstruksi. Sumatera Utara: Universitas Sumatera Utara.

Dannyanti, E. 2010. Skripsi. Optimalisaasi Pelaksanaan Proyek dengan Metode PERT dan CPM.

Hayun, A. 2005. Perencanaan dan Pengendalian Proyek dengan Metode PERT-CPM: Studi Kasus Fly Over Ahmad Yani, Karawang. Journal The Winners. 2(6): 155-174.

Rizkhon, M. F. 2009. Manajemen Penjadwalan Pembangunan Rusunawa Unnes dengan Metode PERT dan Machad.

Rohman, N. J. 2017. Analisis Manajemen Konstruksi Proyek Gedung Aula Unswagati. Jurnal Konstruksi. 1(6); 83.

Siswoyo. 1985. Pokok-Pokok Manajemen PERT dan CPM. Jakarta: Erlangga.

Sumarman, A. S. 2018. Analisis Manajemen Konstruksi Proyek Pembangunan Grage Mall Majalengka. Jurnal Konstruksi. 4(7): 277.

Zainudin. 2011. Ebook. Diktat Manajemen Proyek Konstruksi TKS 3685. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v2i2.7007

Article Metrics

Abstract - 894 PDF - 855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------