ANALISA FAKTOR KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN JENDERAL SUDIRMAN KOTA TANGERANG DENGAN METODE ACCIDENT RATE

Siti Abadiyah, Saiful Haq, Defrica Destiana

Abstract


Kota Tangerang adalah kota yang terletak di Tatar Pasundan Provinsi Banten. Merupakan kota terbesar di Provinsi Banten serta ketiga terbesar di kawasan Jabodetabek setelah Jakarta dan Bogor. Kota Tangerang merupakan salah satu kota yang sangat pesat dalam pertumbuhan penduduk dan kepemilikan kendaraan pribadi dari waktu ke waktu. Disamping itu, Kota Tangerang memiliki banyak kawasan industri, pabrik dan kantor di sepanjang jalan sehingga pada jam sibuk yaitu jam masuk dan pulang kerja lalu lintas di jalan raya sangat padat dengan kendaraan dan kondisi ini menyebakan tingkat kecelakaan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecelakaan lalu lintas pada jalan Jenderal Sudirman Kota Tangerang selama 3 tahun yaitu tahun 2017-2019, mengetahui faktor – faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan Jenderal Sudirman Kota Tangerang Berdasarkan tingkat Accident Rate, dan memberikan alternatif cara pencegahan kecelakaan lalu lintas di masa mendatang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu penelitian yangn menggambarkan kondisi saat ini, dengan menggunakan metode Accident Rate. Faktor yang ditinjau adalah jumlah total kecelakaan yang terjadi dan panjang bagian jalan yang diteliti. Nilai Accident Rate yang > 1,0 akan digolongkan kedalam Black Spot dan jika < 1,0 maka digolongkan kedalam Black Site. Hasil analisis kecelakaan berdasarkan Accident Rate di jalan Jenderal Sudirman memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi, yakni lebih dari 1,0. Tingkat kecelakaan sebesar 10,68 kecelakaan/km.tahun. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas yang paling dominan adalah faktor manusia sebagai pengemudi yang sering lalai dan tidak disiplin dalam berkendara sesuai dengan peraturan berlalu lintas yang ada. Alternatif pencegahan tingkat kecelakaan dengan menggunakan tiga metode yaitu Pre-emtif, Prepentif dan Represif.

Kata Kunci: Accident Rate, Kecelakaan, Human Error.


Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan (MKI), Jakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. 2009. UU Nomor 22 Tahun 2009 Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hobbs, F.D. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Penerbit Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Malkamah. 1995. Kelengkapan Jalan Raya dan Aturan Berkendara. Penerbit Media Kita. Bandung.

Oglesby, dan Hicks. 1998. Teknik Jalan Raya Jilid 1. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Polres Metro Tangerang Kota. 2021. Data Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Jenderal Sudirman Tahun 2017 – 2019. Polres Metro Tangerang Kota. Kota Tangerang.

Soesantiyo. 1985. Teknik Lalu Lintas I (Traffic Engineering). Penerbit Institut Teknologi 10 Nopember. Surabaya.

Utomo, N. 2012. Analisa Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Segmen Jalan By-Pass Krian – Balangbendo (km. 26+000 – km. 44+520). Jurnal Penelitian. Sidoarjo.

Wicaksono. 2014. Analisa Kecelakaan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Ungaran – Bawen. Jurnal Penelitian. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v3i2.7163

Article Metrics

Abstract - 479 PDF - 484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------