ANALISA PENGARUH AKTIVITAS PASAR TERHADAP KINERJA RUAS JALAN (STUDI KASUS: JALAN RAYA SERANG – PASAR CIKUPA)

Siti Abadiyah, Rully Angraeni Safitri, Mohamad Shofi’i

Abstract


Kabupaten Tangerang merupakan salah satu daerah di Banten yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup maju, dimana akan mengakibatkan kemacetan terutama didaerah perekonomian tersebut. Jalan Raya Cikupa merupakan salah satu jalan yang mempunyai peranan penting dalam mendukung perkembangan sektor-sektor perdagangan. Namun jalan Raya Serang juga tidak lepas dari masalah kemacetan yang diakibatkan oleh aktivitas pasar. Penelitian ini dilakukan pada jalan Raya Serang dengan menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) 1997. Dimana data yang diambil adalah data primer seperti geometri jalan, volume lalulintas, serta hambatan samping jalan tersebut dan data sekunder seperti data jumlah penduduk Kabupaten Tangerang dan MKJI.

Hasil analisa volume lalulintas bahwa volume lalulintas tertinggi berada disore hari pada hari minggu. Besar nilai volume laulintas sebesar 2871 smp/jam, dengan nilai hambatan samping sebesar 734/jam. Kapasitas (C) yang didapatkan sebesar 2814 smp/jam dan didapatkan tingkat pelayanan jalan dipoin D dengan konsi Lalu lintas jenuh, kecepatan mulai rendah dengan DS yang didapat yaitu 0,59 .

Kata Kunci: Volume lalu lintas, Kapasitas, Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997.


Full Text:

PDF

References


Dirjen Bina Maga. (1997). Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Jakarta.

Dirjen Bina Maga Pekerjaan Umum. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta.

Edi Novaldi. (2015). Analisa Kapasitas dan Kinerja Ruas Jalan Perintis Kemerdekaan. Jurnal Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. Pontianak.

M.Vikri Septiansyah. (2015). Analisa Kinerja Ruas Jalan Medan Merdeka Barat. Jurnal Skripsi. Jurusan Teknik Sipil. DKI Jakarta.

MKJI (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

Marpaung Panahatan. (2005). Analisis Hambatan Samping Sebagai Akibat Penggunaan Lahan sekitarnya Terhadap Kinerja jalan Juanda Di Kota Bekasi. Tesis Program Pascasarjana Magister. Bidang Studi Teknik Pembangunan Wilayah Dan Kota. Universitas Diponegoro Surakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i1.8041

Article Metrics

Abstract - 638 PDF - 498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------