ANALISA DAMPAK LALU LINTAS AKIBAT ADANYA PASAR TRADISIONAL DIKAWASAN LEGOK KABUPATEN TANGERANG TERHADAP KINERJA RUAS JALAN

Jeply Murdiaman, Siti Abadiyah, Adjie Maulana

Abstract


Kabupaten Tangerang merupakan salah satu daerah di Banten yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang cukup maju, dimana akan mengakibatkan kemacetan terutama didaerah perekonomian tersebut. Jalan Raya Legok merupakan salah satu jalan yang mempunyai peranan penting dalam mendukung perkembangan sector-sektor perdagangan. Namun Jalan Raya Legok juga tidak lepas dari masalah kemacetan yang diakibatkan oleh aktivitas pasar. Penelitian ini dilakukan pada Jalan Raya Legok dengan menggunakan metode PKJI (Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia) 2014. Dimana data yang diambil adalah data primer seperti geometri jalan, volume lalu lintas, serta hambatan samping jalan tersebut dan data sekunder seperti data jumlah penduduk Kabupaten Tangerang dan PKJI. Hasil Analisa volume lalu lintas bahwa volume lalu lintas tertinggi berada dipagi dan sore hari pada hari kerja.  Besar  nilai  volume  lalu  lintas  sebesar  2134  smp/jam,  dengan  nilai  hambatan  samping  sebesar 298/jam.  Kapasitas  (C)  yang  didapatkan  sebesar  2134  smp/jam  dan  didapatkan  tingkat  pelayanan jalan dipoin F dengan kondisi Arus terhambat, Kecepatan Rendah, Volume diatas Kapasitas, Banyak Berhenti dengan DS yang didapat yaitu 1,177.

Kata Kunci : Volume lalu lintas, Kapasitas, Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2014


Full Text:

PDF

References


Ardi Palin, dkk . 2013. Analisa Kapasitas Dan Tingkat Pelayanan Pada Ruas Jalan Wolter Monginsidi Kota Manado, Jurnal Sipil Statik, Vol.1 No. 9 Agustus (623- 629), ISSN: 2337-6732.

Gallant Sondakh Marunsenge, dkk. 2015.

Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan Menggunakan Metode Mkji 1997, Jurnal Sipil Statik,Vol.3 No.8 Agustus (571- 582), ISSN: 2337-6732.

Maretia, Conny, 2007, Analisa Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Samping Jalan Utama Kota Bandar Lampung, Symposium X FSTPT, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Morlok, E.K. 1981. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga. Jakarta

Sukirman, Silvia . 1994 . Dasar–Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Bandung : Nova




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i1.8042

Article Metrics

Abstract - 614 PDF - 529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------