ANALISIS PERBANDINGAN PENGGUNAAN BEKISTING KONVENSIONAL DAN BEKISTING ALUMUNIUM TERHADAP BIAYA DAN WAKTU (Studi Kasus: Proyek Akasa Apartment Tower Kamaya, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan)

Ria Rossaty, Rully Angraeni Safitri, Savyra Alya Nabilah

Abstract


Bekisting merupakan suatu sarana pembantu untuk mencetak beton dengan ukuran, bentuk, ataupun posisi yang dikehendaki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan biaya dan waktu pelaksanaan bekisting kolom konvensional dengan metode bekisting aluminium. Objek dari penelitian ini adalah pekerjaan kolom bekisting lantai 1-7 zona 1-3 (tower) pada gedung Akasa Apartment Tower Kamaya. Metode analisis perbandingan terhadap biaya dengan menghitung kuantitas pekerjaan dan analisa harga satuan material beserta upah pekerja yang mengacu pada Permen PUPR No.1 Tahun 2022 wilayah Kota Tangerang Selatan. Dan Analisa perbandingan terhadap waktu menggunakan data cycle time simulation dan software Ms. Project untuk mendapatkan perbandingan waktu kerja yang lebih cepat

Didapatkan selisih biaya pelaksanaan pekerjaan kolom antara metode konvensional dan metode alumunium adalah Rp262.747.430,40.- atau metode aluminium 33,8% lebih murah daripada metode bekisting konvensional. Waktu pengerjaan bekisting konvensional untuk menyelesaikan pekerjaan kolom saja pada lantai 1-3 zona 1-3 (tower) adalah 66 hari, sedangkan bekisting aluminium pada lantai 4-7 zona 1-3 (tower) hanya membutuhkan waktu pengerjaan 53 hari atau lebih cepat 13 hari dibandingkan dengan metode bekisting konvensional.

Kata kunci: Bekisting alumunium, bekisting konvensional, biaya, waktu, Ms. Project, bekisting kolom.


Full Text:

PDF

References


Abdunnafi1Ginanjar, Wibowo Agung, Purwanggono Bambang. 2021. Kajian Perbandingan Pengaruh Penggunaan Bekisting Aluminium Dan Perth Construction Hire (PCH) Dalam Mewujudkan Lean Construction. Universitas Diponegoro.

Admin, 2012. Jenis-Jenis Bekisting https://www.ilmutekniksipil.com/bekisting/jenis-jenis-bekisting

Dipohusodo, Istimawan. 1999. Struktur Beton Bertulang Berdasarkan SK SNI T15-1991-03. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dokumen Proyek Pembangunan Apartment Akasa Tower 3 PT. Nusa Raya Cipta, 2021.

Dokumen Proyek Pembangunan Apartment Akasa Tower 3 PT. PP Presisi Tbk, 2021.

Firdaus, A. 2020. Analisis Perbandingan Bekisting Pelat Lantai Metode Table Form Dengan Metode Aluminium Formwork Pada Proyek Menara Bri Gatot Subroto

Husen, A. 2009. Manajemen Proyek Perencanaan, Penjadwalan dan pengendalian Proyek.

Ilham Muhammad. Herzanita Ayu. 2021. Analisis Perbandingan Bekisting Konvensional Dengan Bekisting Aluminium Ditinjau Dari Aspek Biaya Dan Waktu Pelaksanaan Studi Kasus Pada Proyek Pembangunan The Lana Apartment – Tangerang. Universitas Pancasila

Nawy, E. G. 2008. Concrete Construction Engineering Handbook. Florida: Taylor & Francis.

Prakoso Nugroho, S. 2018. Analisis perbandingan biaya bekisting antara bekisting multiplek dan bekisting tegofilm untuk kolom gedung bertingkat. Universitas Islam Indonesia.

Saptatiansah David. 2020. Analisis Perbandingan Antara Pekerjaan Pemasangan Bekisting Konvensional Dengan Bekisting Alumunium Ditinjau Dari Segi Biaya Dan Waktu Pada Kolom. Universitas Islam Indonesia.

Supriyatna, Y. 2016. Penggunaan Alumunium Formwork Punya Peluang Besar di Pasar Konstruksi Indonesia. (B. PUPR, Interviewer)

Susilo, E. 2019. Analisis Biaya Bekisting Konvensional Dan Bekisting Semi-Sistem Pada Kolom Bangunan Gedung. Universitas Islam Indonesia.

Wowor, Fransisko Noktavian. 2013. Aplikasi Microsoft Project Dalam Pengendalian Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Proyek. Manado




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i2.8062

Article Metrics

Abstract - 533 PDF - 460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------