EVALUASI DAMPAK PEMBANGUNAN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM (SPBU) PAGEDANGAN TERHADAP KINERJA JALAN

Siti Abadiyah, Muhammad Ali Mu'min, Rizik Ardi

Abstract


Jumlah kendaraan yang semakin hari semakin banyak ini harus ditunjang dengan pengembangan sarana dan prasaran yang memadai adalah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). SPBU Pagedangan  dibangun  dengan  luas  1.598 m2.  Berdasarkan data dan analisis yang dilakukan  bahwa ruas jalan Legok-Pagedangan masih dalam keadaan yang cukup baik. Metode yang dilakukan dengan cara analisis dan observasi. Untuk metode observasi dilakukan dengan melakukan survei langsung di lapangan untuk mendapatkan volume lalu lintas, bangkitan dan tarikan. Sedangkan metode analisis menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Hasil penelitian menunukkan bahwa kinerja ruas jalan tersebut tidak berpengaruh signifikan akibat pembangunan dan beroperasinya SPBU Pagedangan. Hasil analisis pada kondisi eksisting (2022) nilai (DS) ≤ 0,75 masuk dalam kriteria LOS B.

Kata kunci: Kinerja Jalan, PKJI


Full Text:

PDF

References


Anggoro, D. 2014. Study Evaluasi Dampak Lalu Lintas Akibat Pembangunan Sasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Manahan Surakarta. E-Jurnal Matriks teknik Sipil.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum RI. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. Departemen Pekerjaan Umum RI. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. 2004. Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Pengembangan kawasan di Perkotaan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum.

Peraturan Meteri Perhubungan Republik Indonesia. 2015. Penyelenggaraan Analisis Dampak Lalu Lintas. Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.

Peraturan Menteri Perhubungan. 2006. Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas di Jalan. Kementrian Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i2.8064

Article Metrics

Abstract - 245 PDF - 248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------