ANALISIS KERUSAKAN JALAN DAN ESTIMASI BIAYA PEKERJAAN PADA RUAS JALAN PRANCIS STA 0+000 – 2+200 JALAN RAYA PRANCIS KOTA TANGERANG

Sugeng Purwanto, Saiful Haq, Nurholik Nurholik

Abstract


Jalan raya merupakan prasarana transportasi darat yang sangat penting bagi masyarakat untuk memperlancar hubungan ekonomi, baik antara satu kota dengan kota lainnya, antara kota dengan desa, antara satu desa dengan desa lainnya. Jaringan jalan di Indonesia berkembang sangat pesat dalam rangka meningkatkan infrastruktur dan kebutuhan transportasi darat, sehingga pembangunan jalan sangat diperlukan untuk pekerjaan sehari-hari guna meminimalisir kerusakan permukaan jalan. Estimasi biaya adalah perhitungan biaya pekerjaan yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan persyaratan atau kontrak. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai kondisi permukaan jalan dan perkiraan biaya pekerjaan untuk penanganannya. Di Jalan Prancis, Kota Tangerang STA 0+000 – 2+200, Kota Tangerang dipilih sebagai objek penelitian. Langkah-langkah yang dilakukan adalah survei untuk menilai kondisi jalan. menentukan jenis pekerjaan, menghitung analisis harga satuan, menghitung analisis harga satuan pekerjaan. Hasil penelitian pada Prancis, Kota Tangerang STA 0+000 – 2+200 Kota Tangerang memiliki total volume kerusakan 854,28 m2 dan nilai kondisi jalan 23%. Jenis pekerjaan yang diusulkan pada ruas jalan tersebut adalah pekerjaan berat (PK) rehabilitasi/rekontruksi dengan perkiraan biaya pekerjaan sebesar Rp. 12.492.200.000,00.

Kata kunci:  Jalan Raya, Nilai Kondisi Jalan, Pemeliharaan Jalan, Metode Jalan Raya.


Full Text:

PDF

References


Ardiansyah Rahmat, 2019. Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Kaku Lajur Pengganti pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol.05 No.01. April.

Maklas Fikali dan erizal, 2019. Analisis Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Bogor – Ciawi – Sukabumi. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan. Vol. 04 No.02, Agustus.

Manual Perkerasan Jalan. Nomor 04/SE/Db/2017 Peaturan Daerah Kota Tangerang, Nomor 6 Tahun 2019.

Sidabutar, Saragi, Pasaribu. 2021. Evaluasi Perkerasan Jalan Kaku (Rigid Pavement) Pada Jalan SM Raja Medan Dengan Metode Bina Marga. Jurnal Visi Eksakta. Vol.2 No.2. Juli.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i2.8066

Article Metrics

Abstract - 256 PDF - 245

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------