ANALISA KEMACETAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN RAYA GATOT SUBROTO

Siti Abadiyah, Brian Alfandi, Shinta Esa DwiKusuma

Abstract


Jalan raya adalah faktor yang penting bagi perkembangan kehidupan manusia, karena perkembangan jalan dan perkembangan kehidupan manusia saling mempengaruhi. Meningkatnya kemacetan pada jalan perkotaan maupun jalan luar kota diakibatkan bertambahnya kepemilikan kendaraan, terbatasnya sumber daya untuk pembangunan jalan raya dan belum optimalnya pengoprasian fasilitas arus lalu lintas yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab kemacetan lalu lintas yang terjadi di Jalan Gatot Subroto. Setelah diperoleh data volume lalu lintas harian rata-rata, dilakukan analisa lalu lintas berdasarkan aspek teknik yang didasarkan pada pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 2017) untuk menentukan volume lalu lintas harian rata-rata, hambatan samping, tingkat kapasitas dan derajat kejenuhan di ruas Jalan Gatot Subroto. Hasil analisa yang diperoleh bahwa kemacetatan disebabkan karena adanya Pedagang kaki lima, pertokoan, rumah sakit, kendaraan berhenti, parkir tidak pada tempatnya. Kemacetan lalu lintas berada dalam keadaan stabil, kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kendaraan lainnya dan mulai dirasakan hambatan oleh kendaraan disekitarnya dengan hasil perhitungan. Nilai volume lalu lintas harian rata-rata 5.839,68 smp/jam dengan kapasitas jalan sebesar 2937 smp/jam dan memiliki derajat kejenuhan yang didapat arah timur 0.39 dan arah barat 0,43.

Kata Kunci : Jalan Gatot Subroto Tangerang


Full Text:

PDF

References


Ardi Palin, dkk . 2013. Analisa Kapasitas Dan Tingkat Pelayanan Pada Ruas Jalan Wolter Monginsidi Kota Manado, Jurnal Sipil Statik, Vol.1 No. 9 Agustus (623-629), ISSN: 2337-6732 .

Gallant Sondakh Marunsenge, dkk. 2015. Pengaruh Hambatan Samping Terhadap Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan Menggunakan Metode Mkji 1997, Jurnal Sipil Statik,Vol.3 No.8 Agustus (571-582), ISSN: 2337-6732.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia Tahun 1997 dan 2017.

Maretia, Conny, 2007, Analisa Kinerja Ruas Jalan Akibat Aktivitas Samping Jalan Utama Kota Bandar Lampung, Symposium X FSTPT, Universitas Lampung, Bandar Lampung.

Morlok, E.K. 1981. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Sukirman, Silvia . 1994 . Dasar–Dasar Perencanaan Geometrik Jalan . Bandung : Nova.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v4i2.8068

Article Metrics

Abstract - 745 PDF - 845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------