ANALISIS RENCANAAN ANGGARAN BIAYA PADA PEMELIHARAAN JALAN PRABU KIANSANTANG

Rully Angraeni Safitri, Sugeng Purwanto, Sheela Refky Nur Septian

Abstract


Jalan raya merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting bagi masyarakat untuk memperlancar hubungan perekonomian, baik antara satu kota dengan kota lainnya, antara kota dengan desa, anatara satu desa dengan desa lainnya. Jaringan jalan di Indonesia berkembang sangat pesat akibat meningkatnya prasarana dan kebutuhan angkutan darat, sehingga kontruksi jalan sangat di perlukan pekerjaan harian untuk meminimalisir terjadinya kerusakan pada permukaan jalan. Estimasi biaya adalah perhitungan kebutuhan biaya pekerjaan yang pekerjaan yang di perlukan untuk menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan sesuai dengan persyaratan atau kontrak. Perencanaan kontruksi jalan tanpa pemeliharaan jalan secara memadai, baik rutin maupun berkala akan dapat mengakibatkan kerusakan pada jalan, sehingga jalan akan cepat kehilangan fungsinya. Kerusakan jalan yang terjadi biasanya merupakan permasalahan yang sangat kompleks dan kerugian yang di derita cukup besar terutama pengguna jalan, seperti waktu tempuh yang lama, kemacetan lalu-lintas dan lain lain. Kondisi jalan tersebut di temui di jalan prabu kiansantang yang berada di tengah kota dengan intensitas kepadatan kendaraan yang cukup tinggi. Pasalnya jalan prabu kiansantang terletak di sekitar perkantoran, pasar dan ruas jalan utama kota Tangerang yang sering menjadi penghubung.Dengan melihat kondisi kerusakan jalan pada ruas jalan prabu kiansantang, maka di perlukan kajian mengenai tingkan dan kerusakan jalan tersebut, dari hasil penelitian kita dapat mengetahui tingkan dan kerusakan apa saja yang lebih dominan di jalan prabu kiansantang, penanganan berdasarkan hasil nilai kondisi jalan dan kerusakan jalan akan di hitung estimasi biaya yang di perlukan untuk pemeliharaan jalan prabu kiansantang.dari ruas jalan prabu kiansantang memiliki kerusakan yg berdominan keretakan, bleeding, lubang.

Kata kunci:  jalan raya, kerusakan jalan, estimasi biaya pemeliharaan

Full Text:

PDF

References


Andriansyah, P. Pratomo, and H. Ali, “Optimalisasi Tebal Perkerasan Pada Pelebaran Jalan. Jurmateks vol 2 no 2 tahun 2019.

Hermawan Adi Handoyo. Analisis Kerusakan Jalan Perkotaan Menggunakan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Perkotaan Kabupaten Wonosobo) . Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Purworejo.

M. Thahir Azikin. 2018. Anlisa Teknis Perbaikan Perkerasan Lentur pada ruas jalan haluoleo di kota kendari. Jurnal Stabilita Vol 6 No.2 (Juni 2018).

Manarug. Penjelasan tentang perkerasan kaku pada jalan. (Jurnal infrastruktur vol 3 no 1 2018)

Peraturan daerah kota tangerang, nomer 6 tahun 2019

Peraturan Mentri PUPR No 1 Tahun 2022.

Suryawan, A. 2009. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement). Yogyakarta : Beta Offset,.jurnal ilmu pengetahuan dan teknologi sipil




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v5i1.8263

Article Metrics

Abstract - 258 PDF - 569

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------