EVALUASI SALURAN DRAINASE UTAMA (STUDI KASUS : KOMPLEK DOSEN IKIP)

Angges Rionaldi, Fisika Prasetyo2

Abstract


Drainase memiliki arti menguras, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Secara umum drainase diartikan sebagai rangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi dan/atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal. Drainase juga diartikan sebagai upaya pengendalian kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Drainase merupakan suatu sistem untuk menyalurkan air hujan. Sistem ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan yang sehat, apalagi di daerah berpendudukan padat seperti perkotaan. Evaluasi saluran drainase diperlukan untuk mengetahui kapasitas penampang dengan menghitung debit banjir rencana menggunakan metode Rasional. Analisa debit banjir rencana dilakukan dengan menghitung curah hujan rencana dengan metode antara Metode Normal, Metode Log Normal, Metode Log Pearson Tipe III dan Metode Gumbel. Kemudian di uji kesesuain dengan uji chi kuadrat dengan taraf pengujian 0,05. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kuantitatif, yaitu metode perhitungan dan penjabaran dari hasil pengolahan data lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data curah hujan bulanan dari 3 stasiun pencatat curah hujan terdekat. Perhitungan data curah hujan mengikuti Pedoman Perencanaan Drainase dari Departemen Pekerjaan Umum dan Standar Nasional Indonesia (SNI). Hasil penelitian ini didapatkan debit banjir rencana (Qr) dengan menggunakan rumus rasional dengan periode ulang 5 tahun, dan didapatkan kapasitas daya tampung saluran (Qs) dalam hal ini saluran drainase Perumahan Dosen IKIP. Saluran yang diteliti meliputi saluran di Jalan Pendidikan Raya yang harusnya membuang ke sungai Jatikramat.

Kata Kunci: Saluran Drainase, Drainase Perkotaan, Debit, Tampungan


Full Text:

PDF

References


[BPS] Badan Pusat Statistik Kota Bekasi. 2021. Data Statistik Daerah Kota Bekasi.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 1991. SNI. 03-2406-1991: Tata Cara Perencanaan Umum Drainase Perkotaan.

[BSN] Badan Standardisasi Nasional. 1998. SNI. 03-1724-1989: Pedoman dan Perencanaan Hidrologi dan Hidraulik untuk Bangunan Sungai.

[PERMENPU] Peraturan Menteri Pekerjaan Umum 2014. Nomor 12/PRT/M/2014: Penyerenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI Offset..

Triatmodjo, Bambang. 2006. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Penerbit Beta Offset.

M. B. Nugroho. (2013). Evaluasi Kapasitas Saluran Drainase Perkotaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.31000/civil.v5i1.8268

Article Metrics

Abstract - 238 PDF - 114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

CURRENT INDEXING STRUCTURE

 

       

 

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------