PENGARUH HARGA PAKET WISATA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI HK BROTHERS TOUR & TRAVEL
Abstract
Abstract. This study examines the effect of tour package prices on consumer purchasing decisions at HK Brothers Tour & Travel which aims to determine whether there is an effect of tour package prices on consumer purchasing decisions and also to determine how much influence tour package prices have on consumer purchasing decisions at HK Brothers Tour & Travel. The research method used in this study is a quantitative approach which aims to determine and how much there is a relationship between the independent variables and the dependent variables. The number of respondents in this study was 96 with the data collection technique used in this study, namely: questionnaires. The results of this study describe that there is a positive influence. In the results of the hypothesis test (T test) that the Price Variable (X) has a t count of 12.750 t table 1.986, and a significant value of 0.001> 0.05. This means that H1 is accepted, there is an influence between price (X) and purchasing decisions (Y). Based on the analysis of the coefficient of determination in this study, it explains the magnitude of the correlation or relationship value (R) which is 0.796 from the output, the coefficient of determination(R Square) is 0.634 whichmeans that the influence of the price variable (X) on purchasing decisions (Y) is 63.4%. The results of the correlation coefficient test show the influence between price and purchasing decisions, there is a correlation coefficient of 0.796. This indicates that there is a positive correlation between price and purchasing decisions with a strong relationship level.
Keywords: Price, Purchasing Decisions, Consumers, HK Brothers Tour & Travel.
Abstrak. Penelitian ini menganalisa pengaruh harga paket wisata terhadap keputusan pembelian konsumen di HK Brothers Tour & Travel yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga paket wisata terhadap keputusan pembelian konsumen dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga paket wisata terhadap keputusan pembelian konsumen di HK Brothers Tour & Travel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan seberapa besar adanya hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Jumlah responden yang ada di penelitian ini sebanyak 96 dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu :
kuesioner. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bahwa terdapat pengaruh positif. Pada hasil pengujian hipotesis (uji T) bahwa Variabel Harga (X) memiliki t hitung 12,750 t tabel 1,986, dan nilai signifikan 0,001>0,05. Artinya H1 diterima terdapat pengaruh antara harga (X) terhadap keputusan pembelian (Y). Berdasarkan analisis koefisien determinasi pada penelitian ini menjelaskan besarnya nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,796 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,634 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel harga (X) terhadap keputusan pembelian (Y) adalah sebesar 63,4%.Pada hasil pengujian koefiesien kolerasi menunjukan pengaruh antara harga terhadap keputusan pembelian terdapat koefisien korelasi sebesar 0,796. Hal tersebut menandakan bahwa ada korelasi positif antara harga terhadap keputusan pembelian yang tingkat hubungan kuat.
Kata kunci : Harga, Keputusan Pembelian, Kosumen, HK Brothers Tour & Travel
Full Text:
PDFReferences
Admin. (2024). Jenis jenis Travel Agent di Indonesia Yang Harus Kamu Ketahui. Thaidress- Kanokpon. https://www.thaidress-kanokpon.com/jenis-jenis-travel-agent-di-indonesia- yang-harus-kamu-ketahui/
Afifi, F. F., & Widodo, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Restoran Aroma Kitchen Kota Padang. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(2), 481. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.350
Anastasia suci Sukmawati, D. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Issue Mi)
Andi asni, kasmawati, hamsiah. (2022). Jurnal Pengabdian Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kauniah, 1(1), 67–76.
Ani, N. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Tiktok Shop Indonesia. BISMA : Business and Management Journal, 1(04), 37–44. https://doi.org/10.59966/bisma.v1i04.398
Anjani, M., & Anggia Sari Lubis. (2022). Pengaruh Audit Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Karyawan( Studi Kasus PT Burger Sari Indonesia Medan). Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 2(02), 116–127. https://doi.org/10.54209/jasmien.v2i02.106
Cholik, F. I., Rufial, & Sari, B. (2022). Menurut Machfoedz (2013), keputusan pembelian adalah suatu proses penilaian dan pemilihan berbagai alternatif sesuai dengan kepentingan tertentu dengan menetapkan pilihan yang dianggap paling menguntungkan. Ikraith-Ekonomika, 1(5 maret), 481–486.
Elia, Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., Anurogo, D., Ifadah, E., & Judijanto, L. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif : Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang (Issue December).
Eriyanti, T. dkk. (2021). 3 1,2,3. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 564–
Guritna Ananto Putra, F., Al Gifari, A., Fitriyah, S., Yobie Try Kusuma, D., Maliandi, D., & Aldhi Setiawan, D. (2023). Pengembangan Sistem Informasi Travel Agent Pada Wisata Sembalun Lombok Berbasis Website. Indonesian Journal of Computer Science Research, 2(1), 16–25. https://subset.id/index.php/IJCSR/article/view/19
Harnady, F. A., Wahono, B., & Asiyah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus PadaToko Prabujaya Malang). Fakultas Ekonom Dan Bisnis Universitas Islam Malang, 4, 81–95. www.fe.unisma.ac.id
Indarta, Y., Irfan, D., Muksir, M., Simatupang, W., & Ranuharja, F. (2021). Analisis dan Perancangan Database Menggunakan Model Konseptual Data Warehouse Sistem Manajemen Transaksi Toko Online Haransaf. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4448–4455. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1477
Insentif, P., Pt, D. I., & Kris, G. (2020). Manajemen Operasional Paket Wisata Perjalanan Insentif Di PT. Golden Kris Tours (Studi Kasus Rombongan Perusahaan Gunung Madu Lampung). Journey : Journal of Tourismpreneurship, Culinary, Hospitality, Convention and Event Management, 2(2), 47–62. https://doi.org/10.46837/journey.v2i2.47
Irfansyah, A., Romanda, C., & Asoka, R. (2023). Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Pada Kantor Camat Lais Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 6(2), 236. https://doi.org/10.51877/jiar.v6i2.288
Ismail, T., & Yusuf, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kantor Indihome Gegerkalong Di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(3), 413–423.
Janna dan Herianto, 2021. (n.d.). Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan spss
(Issue 18210047).
Jaya, C. L., Yuliana, Y., & Arwin, A. (2022). PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI THE WRAPPERS , MEDAN . 1–7.
KuncorMudrajato. (n.d.). Penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang dilakukan untu
Article Metrics
Abstract - 70 PDF - 30Refbacks
- There are currently no refbacks.